8 Jenis Kekuatan ‘Super’ yang Dimiliki Batman

Foto C. Bale dan Batman

Tak seperti kebanyakan superhero lainnya, Batman sebenarnya tidaklah memiliki kemampuan super yang tak dimiliki manusia normal. Namun ia piawai mendayagunakan kecerdasan, sains dan teknologi, kekayaan, kekuatan fisik, serta intimidasi untuk melawan kejahatan. Dalam buku-buku komik, Batman sering dianggap sebagai salah satu detektif terhebat di dunia. Meski tak punya kekuatan super, Batman berada di puncak kekuatan fisik manusia yang ia capai lewat pelatihan intensif, diet khusus, serta penggunaan biofeedback. Secara garis besar, Bruce Wayne alias Batman punya delapan kekuatan yang ia andalkan sebagaimana tertuang dalam biografinya:

1. Kehendak kuat: Batman memang tak punya kekuatan super, tapi ia punya kekuatan kehendak yang ekstrim dan nyaris bersifat ‘superhuman’.

2. Intimidasi: Batman dikenal luas punya kemampuan menanamkan rasa takut pada banyak orang, bahkan orang yang mengenalnya baik pun bisa terintimidasi olehnya. Lebih jauh, orang yang tak takut pada Superman akan merasa takut pada Batman.

3. Penyelidik militan: Batman mahir dalam mengeksploitasi teknik interogasi, menggunakan segala metode penegakan hukum hingga penyiksaan langsung, seperti yang ia lakukan pada Joker.

4. Kekuatan fisik: Seperti diungkapkan di atas, Batman punya kekuatan fisik yang jauh melebihi manusia normal, bahkan para atlet Olimpiade, mencakup kekuatan, kecepatan, stamina, kelincahan, refleks, daya tahan, dan kordinasi yang menduduki puncak potensi fisik manusia. Latihan keras dan pola hidup sehat selama bertahun-tahun adalah kuncinya.

5. Ahli akrobat: Batman mahir di bidang senam dan akrobat, kemampuannya jauh di atas manusia biasa.

6. Ahli beladiri: Batman adalah salah satu petarung terbaik di dunia. Ia belajar berbagai seni bela diri selama bertahun-tahun dan menguasai setidaknya 127 aliran beladiri. Adapun teknik bertarung utamanya adalah campuran istimewa dari tinju, karate, Muay Thai, judo, Taekwondo, kickboxing, Jujitsu, serta Ninjutsu.

7. Ahli senjata: Melalui latihan beladiri, Batman menguasai hampir semua jenis persenjataan. Ia adalah ahli pedang, seperti yang ia tunjukkan saat melawan Ra’s al Ghul. Dari senjata tradisional, Batman juga mempelajari senjata-senjata modern yang diciptakan Lucius Fox.

8. Kecerdasan: IQ Batman diperkirakan adalah 200, ada pula yang menyebutnya 192. Batman adalah pribadi yang brilian, nyaris tak tertandingi, dan menguasai puluhan bidang sains sejak usia muda. Ia adalah detektif, ilmuwan, ahli taktik dan strategi, serta komandan. Karena tak punya kemampuan super, Batman sering menggunakan trik dan perencanaan untuk mengalahkan musuhnya, alih-alih berduel secara fisik.

Leave a Reply