7 Fakta Menarik Tentang Bae Doona

bae-doona

Tak banyak aktris Korea yang berhasil menembus Hollywood, dan Bae Doona adalah salah satu yang beruntung bisa melakukannya. Wanita kelahiran 11 Oktober 1979 ini bahkan juga pernah menjajal layar lebar Jepang lewat film Linda Linda Linda dan Air Doll. Di Hollywood, Doona dikenal lewat aktingnya di film Cloud Atlas dan Jupiter Ascending. Selain itu, Doona juga berhasil membuktikan kapasitasnya di dalam negeri lewat penampilannya di sejumlah film bernuansa thriller, seperti Sympathy for Mr. Vengeance dan The Host. Berikut tujuh hal yang perlu Anda tahu tentang Bae Doona.

1. Darah akting Bae Doona tampaknya diturunkan dari ibunya, seorang artis panggung. Saat kecil, ia kerap mengikuti ibunya keluar masuk teater, berlatih di aula, serta mempelajari dialog drama. Namun Doona menyanggah bahwa ia mengikuti jejak ibunya untuk menjadi seorang aktris.

2. Saat berkuliah di Universitas Hanyang, Doona direkrut oleh agensi model ketika ia sedang berjalan-jalan di Seoul. Ia pun sempat menjadi model beberapa produk, termasuk model pakaian untuk katalog COOLDOG.

3. Di tahun 2000, sutradara Bong Joon-ho mengkasting Doona untuk bermain di film Barking Dogs Never Bite karena kesediaannya untuk tampil tanpa makeup, sesuatu yang enggan dilakukan aktris-aktris Korea lainnya.

4. Doona sebetulnya juga merupakan bintang drama TV yang cukup produktif, setidaknya sejak ia memulai debut di tahun 1998 sampai tahun 2010. Terakhir ia muncul di drama MBC, Gloria, dan sejak saat itu ia belum kembali lagi. Doona masih tampil di layar kaca, namun di drama fiksi ilmiah Amerika, Sense8, yang disiarkan Netflix.

5. Bintang drama Master of Study ini pernah menjadi host dua acara TV, semua di tahun 1999, yakni acara MBC, Music Camp, sebagai MC, serta acara SBS, Radio TenTen Club, sebagai DJ. Sampai kini, hanya dua program itulah yang pernah dibawakan Doona di layar kaca.

6. Di panggung teater, Doona telah tiga kali menjadi produser, yaitu untuk drama Robert Zucco di tahun 2002, Sunday Seoul di tahun 2004 (juga sebagai aktris), serta The Visit di tahun 2008.

7. Berkat penampilan istimewanya di film Take Care of My Cat, Doona merebut lima gelar Aktris Terbaik dari berbagai ajang prestisius, termasuk dari Baeksang Arts Awards.

Leave a Reply