6 Musisi K-Pop yang Sukses Besar Tanpa Menjadi Idol

Artis Solo KPop

Idol adalah bagian penting dalam industri musik Korea. Proses untuk menjadi seorang idol begitu panjang dan berliku, mulai dari audisi, menjadi trainee selama bertahun-tahun, sampai siap didebutkan. Tak sedikit talenta yang berguguran dalam proses sepanjang itu, tapi tak sedikit pula yang sukses meroket menjadi bintang top. Status sebagai idol juga bisa jadi batu loncatan untuk bersolo karir di kemudian hari.

Di sisi lain, ada sejumlah penyanyi yang ternyata sanggup melejit tanpa perlu menjadi idol samasekali. Mereka mampu berdiri tegak di tengah persaingan para idol yang tergabung dalam berbagai grup. Kesuksesan solo ini tentu patut diapresiasi karena mereka juga mampu melahirkan lagu dan album yang menguasai chart-chart musik. Inilah enam musisi atau penyanyi non-idol yang sukses besar, khususnya di tahun 2016.


1. Heize

Heize

Heize adalah salah satu musisi muda yang meroket di tahun 2016. Setelah berkompetisi di acara Mnet Unpretty Rapstar Vol.2, Heize berkolaborasi dengan Dean dalam proyek musik populer. Kesuksesan instan Heize bahkan juga mengejutkan dirinya sendiri. Ia sempat turun panggung dengan berurai airmata setelah mendengar para fans menyanyikan lagunya.

2. Crush

Crush

Crush memang layak disebut sebagai raja kolaborasi karena ia telah bekerjasama dengan banyak musisi independen dan mainstream untuk menyajikan style uniknya di semua genre musik. Tahun ini, Crush telah berkolaborasi bareng Taeyeon Girls’ Generation, Zico Block B, serta artis hip hop Loco. Crush masih menyimpan segudang proyek menarik di waktu-waktu mendatang.

3. Zion.T

Zion.T

Kita pasti pernah mendengar musik Zion.T, tapi mungkin kita belum pernah melihat sosoknya dengan jelas. Bersembunyi di balik kacamata hitam ikoniknya, Zion.T punya imej yang misterius. Setelah sukses dengan lagu “Yanghwa BRDG,” Zion.T kini mengkreasikan ulang lagu itu dengan banyak idol, termasuk Jongkook BTS. Ia kini jadi bagian dari sub-label YG, The Black Label.

next

Leave a Reply