10 Fakta di Balik Film Anthropoid (2016)

Loading...

Anthropoid adalah film thriller historis yang berkisah tentang upaya pembunuhan perwira tinggi Nazi, Reinhard Heydrich, yang merupakan salah satu arsitek Holocaust selama masa Perang Dunia II. Film ini menampilkan dua bintang utama, Cillian Murphy dan Jamie Dornan, dan disutradarai oleh Sean Ellis. Berikut fakta-fakta seru di balik film Anthropoid.

Anthropoid

1. Tema utama film ini sudah pernah diadaptasi ke layar lebar, yaitu dalam film The Assassination (1965) dan Operation: Daybreak (1975). Semua film ini memakai latar belakang kota Praha di lokasi-lokasi otentik yang berhubungan dengan kejadian asli dalam sejarah.

2. Aktor gaek Detlef Bothe memerankan kembali karakter Reinhard Heydrich sebagaimana pernah ia perankan di film Lidice (2011).

3. Sean Ellis mulai mengembangkan film ini di awal 2000-an setelah ia melihat film dokumenter tentang operasi Anthropoid.

4. Aktris Emily Watson dikasting untuk memerankan Mrs. Moravcová, namun ia mundur karena ayahnya sakit. Posisinya kemudian digantikan Alena Mihulová.

5. Cillian Murphy dan Jamie Dornan sama-sama berperan sebagai orang Ceko. Di kehidupan nyata, dua aktor ini berasal dari Irlandia.

Loading...

6. Film baru yang juga bertema tentang operasi Anthropoid adalah HHhH, yang dirilis di tahun 2016 dan menampilkan duet aktor Jack O’Connell dan Jack Reynor.

7. Petschek Palace adalah sebuah bank yang diubah menjadi markas Gestapo selama perang. Banyak kaum pemberontak Ceko yang disiksa di sana, dan kini ruang bawah tanahnya diubah menjadi museum untuk mengenang mereka. Adegan penyiksaan Ata Moravec difilmkan di ruang bawah itu.

8. Dalam kehidupan nyata, salah satu orang yang bertanggung jawab untuk melatih para pembunuh anthropoid adalah Christopher Lee, yang bekerja untuk intelijen Inggris selama Perang Dunia II. Lee sebenarnya segan untuk membicarakan pengalamannya, tapi ia membuka kisahnya pada sutradara Philippe Mora selama pembuatan film The Howling II, salah satu momen di mana Lee pertama kali kembali ke Eropa Timur sejak perang berakhir. Lee masih dianggap sebagai pahlawan oleh orang-orang yang selamat dari perang, dan Mora terkejut ketika sekelompok pria lanjut usia dengan seragam militer lengkap bertemu dengan mereka dan dengan bersemangat menyambut Lee.

9. Gereja Orthodox Cathedral of Saints Cyril and Methodius yang ditampilkan di film ini adalah sebuah replika yang dibangun di halaman studio.

10. Laporan-laporan kontemporer dari Gestapo dan Ceko dipakai Sean Ellis untuk menciptakan adegan klimaks (pembunuhan dan pengepungan) dengan akurasi ekstrim, dan film ini menuai pujian karena komitmennya pada realisme penggambaran event bersejarah.

Loading...

Komentar Anda