10 Fakta di Balik Film Rain Man (1988)

Loading...

Rain Man adalah film drama komedi yang dibintangi Dustin Hoffman, Tom Cruise, serta Valeria Golino. Kisahnya berkisar pada seorang dealer mobil, Charlie Babbitt, yang mengetahui bahwa ayahnya meninggal dunia. Ia pun kembali ke rumahnya di Cincinnati dan baru menyadari bahwa ia punya kakak autis, Raymond Babbitt. Yang menarik, almarhum ayah mereka telah meninggalkan warisan senilai tiga juta dolar AS di institusi mental tempat Raymond dirawat. Berikut fakta-fakta unik film Rain Man.

Rain Man

1. Rain Man mendapat pujian luas dan menjadi film terlaris dunia di tahun 1988. Film ini meraih empat piala Oscar di kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik (untuk Barry Levinson), Skenario Orisinal Terbaik, dan Aktor Utama Terbaik (untuk Dustin Hoffman). Para kru film juga mendapat tambahan empat nominasi Oscar.

2. Di acara Oprah Winfrey, Tom Cruise dan Dustin Hoffman menceritakan bahwa adegan kentut di bilik telepon adalah hasil improvisasi mereka ketika Hoffman benar-benar kentut saat adegan itu disyuting. Hoffman menyebut ini sebagai adegan terfavoritnya.

Loading...

3. Komposer terkenal Hans Zimmer pertama kali menggarap musik film Hollywood di Rain Man. Satu nominasi Oscar berhasil ia raih. Barry Levinson menginstruksikannya untuk tidak menggunakan instrumen senar karena itu bisa membuat film terlalu sentimental.

4. Dua aktor top saat itu, Jack Nicholson dan Robert De Niro, kompak menolak tawaran peran sebagai Raymond.

5. Baik Dustin Hoffman maupun Tom Cruise sama-sama meragukan potensi film ini untuk sukses.

6. Dustin Hoffman mendesak agar karakter Raymond dijadikan orang autis cerdas, bukan orang cacat mental. Desakannya itu membuat sutradara Martin Brest keluar dari proyek film ini.

7. Di awal pembukaannya, film ini meraih pendapatan mengecewakan, hanya sebesar enam juta dolar AS. Namun dalam beberapa minggu ke depan, film ini menjadi perbincangan hangat di kalangan penonton dan pendapatannya pun terus meningkat hingga mencapai total 354,8 juta dolar AS.

8. Tom Cruise selalu ingin berlatih sebelum syuting. Ia dan Dustin Hoffman berlatih saat mengemudi ke lokasi syuting dan kadang berlatih di trailer saat take. Mereka bahkan sering bertukar peran.

9. Dalam skenario, karakter Raymond digambarkan sebagai orang yang bahagia dan ramah. Tapi setelah Dustin Hoffman membacanya, ia melakukan lobi agar Raymond ditampilkan sebagai seorang autis yang agak tertutup.

10. Dustin Hoffman awalnya hendak dipasang sebagai pemeran Charlie, namun ia memilih memainkan Raymond.

Loading...

Komentar Anda