5 Alasan Kenapa Hidup Sebagai Idol K-Pop Itu Berat

Loading...

Idol K-Pop

Grup idol K-Pop bermunculan dengan cepat, demikian pula dengan perusahaan hiburan baru yang terus tumbuh, yang mencoba untuk mendebutkan grup-grup populer berikutnya. Jalan menuju kesuksesan tak pernah mudah di dunia showbiz Korea; ada banyak hambatan dan tantangan di sepanjang jalan. Karena itulah kehidupan para idol sebenarnya tidaklah senikmat dan seglamor yang dibayangkan banyak orang.

Sebuah publikasi Korea, Seoul Economy, mencoba memotret apa yang sesungguhnya terjadi di balik keglamoran para idol Korea yang bertarung untuk mendapatkan ketenaran.


1. Idol adalah pekerja kontrak

JYJ

Loading...

Umum diketahui bahwa anggota grup idol biasanya terikat kontrak panjang dengan perusahaan mereka. Masalah dengan kontrak-kontrak panjang ini adalah sebuah grup akan dibubarkan setelah beberapa tahun berkiprah sebelum kontrak mereka berakhir. Girlband top macam 2NE1, KARA, 4minute, dan Rainbow semua mengumumkan pembubaran diri satu per satu tahun lalu.

Masalah lain dengan kontrak-kontrak panjang adalah bahwa member individu akhirnya memilih meninggalkan grup, menyebabkan lebih banyak masalah. Miss A, BEAST, dan Secret semuanya tertatih melanjutkan kiprah mereka karena keluarnya anggota mereka. Fans sedih melihat bagaimana grup-grup ini gagal memecahkan “Kutukan 7 Tahun” dengan pembubaran mereka, yang ditandai dengan berakhirnya kontrak para idol setelah tujuh tahun.

Panjang kontrak standar saat ini adalah tujuh tahun, tapi ada juga yang lebih panjang. Sepuluh tahun yang lalu, tiga anggota TVXQ menarik diri dari SM Entertainment, di mana “kontrak perbudakan” idol menjadi masalah besar saat itu. Karena kontroversi itu, aturan kontrak direvisi. Kontrak standar antara agensi dan idol sekarang tidak boleh lebih dari tujuh tahun, tetapi dapat diperpanjang melalui kesepakatan bersama setelah kontrak berakhir.

next

Loading...

Komentar Anda