Pemain, Sinopsis, dan Fakta Film King and the Clown (2005)

Loading...

King and the Clown adalah film drama kolosal Korea yang disutradarai oleh Lee Joon-ik. Berlatar belakang di masa pemerintahan Dinasti Chosun di abad ke-16, film ini mengikuti sepak terjang dua orang penghibur alias badut jalanan, Jangsaeng dan Gong-gil. Ketika beraksi di jalanan, mereka gemar meledek dan memparodikan orang-orang istana, termasuk sang raja dan ratunya. Meski pertunjukan mereka sukses besar, keduanya akhirnya diciduk aparat dan dihukum. Mereka lantas membuat kesepakatan dengan salah satu konsultan raja. Jika gagal membuat raja tertawa dengan lelucon mereka, mereka siap untuk dieksekusi. Di luar dugaan, raja sangat senang dengan penampilan Jangsaeng dan Gong-gil dan ia bahkan mengangkat mereka menjadi badut resmi istana.

King and the Clown


Nama para pemeran utama King and the Clown:

Kam Woo-sung, pemeran karakter Jang-saeng

Jung Jin-young, pemeran karakter Raja Yeonsan

Loading...

Lee Joon-gi, pemeran karakter Gong-gil

Kang Sung-yeon, pemeran karakter Jang Nok-su

Yoo Hae-jin, pemeran karakter Yuk-gab

Jung Suk-yong, pemeran karakter Chil-duk

Lee Seung-hoon, pemeran karakter Pal-bok

Fakta-fakta King and the Clown:

Film ini merupakan adaptasi dari drama panggung tahun 2000, Yi, yang berkisah tentang Yeonsangun, raja dari dinasti Joseon dan badut istana yang gemar meledeknya.

King and the Clown terpilih menjadi wakil Korea Selatan di ajang Academy Awards 2006. Dengan penjualan tiket mencapai 12,3 juta, film ini menduduki peringkat kesembilan dalam jajaran film terlaris Korea sepanjang masa.

Di ajang Grand Bell Awards 2006, film ini memenangkan tujuh dari 14 nominasi penghargaan, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Aktor Terbaik.

Film ini sukses melejitkan nama Lee Joon-gi yang saat itu tidak dikenal orang. Ia memenangkan penghargaan Aktor Baru Terbaik dari ajang Korean Film Awards, Grand Bell Awards, serta Baeksang Art Awards.

Kesuksesan King and the Clown terbilang sensasional karena budget film ini yang rendah (4 miliar won), deretan pemainnya yang biasa saja (belum terkenal), serta temanya yang kontroversial (homoseksual).

Loading...

Komentar Anda