Pemain, Sinopsis, dan Fakta Film Silmido (2003)

Loading...

Silmido adalah film drama laga militer Korea yang diarahkan oleh sutradara Kang Woo-suk. Film ini diangkat dari kisah nyata tentang Unit 684, meskipun sejumlah bagian dari film ini adalah ekstrapolasi karena rincian peristiwa aslinya tidak diketahui. Pada 31 Januari 1968, 31 anggota pasukan khusus Korea Utara menyusup ke Korea Selatan untuk membunuh Presiden Park Chung-hee, namun gagal. Korea Selatan pun mempersiapkan serangan balas dendam. Para narapidana yang menunggu hukuman mati direkrut dan diberi tugas khusus untuk membunuh Presiden Korea Utara, Kim Il-sung. Mereka diberi imbalan berupa penghapusan catatan kriminal. Mereka digembleng di Pulau Silmido hingga tiba waktunya untuk beraksi.

Silmido


Nama para pemeran utama Silmido:

Sol Kyung-gu, pemeran karakter Kang In-chan

Ahn Sung-ki, pemeran karakter Jenderal Choi Jae-hyun

Heo Joon-ho, pemeran karakter Sersan Jo

Jung Jae-young, pemeran karakter Han Seung-pil

Lim Won-hee, pemeran karakter Won-hee

Kang Shin-il, pemeran karakter Keun-jae

Kang Sung-jin, pemeran karakter Chan-suk

Kim Kang-woo, pemeran karakter Min-ho

Uhm Tae-woong, pemeran karakter Wong-sang

Loading...

Lee Jung-hun, pemeran karakter Sersan Park

Fakta-fakta Silmido:

Silmido menjadi film Korea pertama yang berhasil mendatangkan lebih dari 10 juta audiens ke bioskop ketika dirilis.

Film berbudget 8,5 juta dolar AS ini sebagian besar melangsungkan syutingnya di Korea Selatan, tapi adegan-adegan di bawah air dan di musim dingin masing-masing difilmkan di Malta dan Selandia Baru.

Silmido meraih penghargaan Grand Prize for Film dari ajang Baeksang Arts Awards 2004.

Rilis film ini mengundang perhatian masyarakat pada Unit 684. Departemen Pertahanan Nasional Korea Selatan merilis laporan resmi tentang unit itu dan pemberontakannya, yang menjadi pengakuan resmi pemerintah untuk pertama kalinya. Brigjen Nam Dae-yeon mengatakan bahwa 31 rekrutan Silmido yang tergabung dalam Unit 684 merupakan bagian dari skuadron Angkatan Udara Korea Selatan. Tujuh orang tewas saat latihan dan 20 lainnya terbunuh saat pemberontakan. Empat yang masih tersisa dieksekusi setelah menjalani pengadilan militer pada tahun 1972. Unit itu memang nyata dan ditugaskan membunuh Kim Il-sung.

Penyebab pemberontakan Unit 684 pada 23 Agustus 1971 tidak jelas. Di film ini, pemerintah memutuskan bahwa para rekrutan itu harus dibunuh karena mereka sudah terlalu banyak mengetahui rahasia negara. Para rekrutan tahu hal itu dan memberontak. Mereka tak pernah diberi kesempatan untuk pergi ke Korea Utara ataupun meninggalkan pulau Silmido. Mereka putus asa.

Loading...

Komentar Anda