7 Fakta Paling Mengejutkan Tentang Anjing

Loading...

Anjing

Anjing adalah hewan peliharaan favorit di seluruh dunia. Diperkirakan ada lebih dari 525 juta ekor anjing di bumi saat ini. Berikut adalah beberapa fakta paling menarik mengenai sahabat kita yang banyak digemari orang ini.

1. Anjing telah hidup dengan manusia selama setidaknya 14.000 tahun

Kapan dan di mana anjing pertama kali dijinakkan oleh manusia masih menjadi bahan perdebatan para sejarawan. Meskipun demikian, anjing peliharan pertama diyakini adalah serigala jinak yang pertama kali tertarik pada situs tempat tinggal awal manusia.

Di Jerman, ada sisa-sisa jasad orang yang terkubur bersama anjingnya, diperkirakan berusia 14.000 tahun. Sisa-sisa anjing awal juga telah ditemukan di China, yang diperkirakan berasal dari sekitar tahun 7.000 sampai 5.800 SM. Bahkan ada situs pemakaman anjing di Utah modern yang diperkirakan berusia 11.000 tahun.

Peranakan anjing pertama yang berhasil diidentifikasi berasal dari sekitar tahun 9.000 SM. Kemungkinan itu adalah anjing jenis Greyhound yang digunakan untuk berburu.

2. Anjing telah dihormati di sepanjang sejarah

Di Mesir kuno, ketika anjing peliharaan mati, pemiliknya -jika mereka mampu- akan memumi anjingnya seperti mereka memumi anggota keluarga mereka. Pemilik juga akan mencukur alis mereka sebagai tanda duka cita yang mendalam.

Di China kuno, orang beranggapan bahwa anjing adalah hadiah dari kayangan. Darah anjing dianggap begitu sakral hingga digunakan dalam prosesi pengambilan sumpah setia.

Di benua Amerika, masyarakat Maya tak hanya memelihara anjing, tetapi juga mengaitkan mereka dengan dewa. Anjing dianggap bisa memandu ruh-ruh orang mati di hamparan berair yang disebut Xibalba. Ketika ruh tiba di tempat ini, anjing akan membimbing ruh tersebut melalui tantangan yang ditetapkan oleh raja Xibalba untuk mencapai surga.

3. Wajah anjing dapat menentukan umurnya

Loading...

Peranakan anjing dengan wajah berbentuk tajam dan runcing biasanya hidup lebih lama dibandingkan rata-rata anjing yang berwajah sangat datar, seperti bulldog dan pug. Pembiakan yang dilakukan untuk membuat anjing berwajah datar dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah kulit, mata, dan pernapasan serta rendahnya kemampuan untuk mentolerir panas. Semakin panjang hidung seekor anjing, semakin efektif ia melakukan pendinginan tubuh internal.

4. Makanan manusia tertentu dapat menjadi racun bagi anjing

Bahkan dalam jumlah kecil, banyak makanan manusia yang harus dihindari oleh anjing. Anggur dan kismis mengandung zat misterius yang bisa menyebabkan gagal ginjal pada anjing. Kacang macadamia dapat merusak sistem saraf anjing. Bawang merah dan bawang putih dapat membahayakan sel-sel darah merah anjing. Selain itu, cokelat, alpukat, alkohol, dan segala yang berkafein dapat berakibat fatal bagi anjing.

5. Anjing memiliki 10.000 sampai 100.000 kali penciuman yang lebih kuat daripada manusia

Sebagai perumpamaan, jika manusia bisa mendeteksi satu sendok teh gula dalam secangkir kopi, maka anjing bisa mendeteksi satu sendok teh gula dalam dua kolam renang berukuran besar. Beberapa anjing dilaporkan mempu mengendus mayat di bawah air dan mengendus cadangan gas alam di bawah tanah sedalam 12 meter. Mereka bahkan bisa mencium kanker pada manusia.

6. Anjing bisa secerdas balita

Penelitian dari University of British Columbia menemukan bahwa kecerdasan anjing dapat menyaingi anak manusia yang berusia 2 sampai 2,5 tahun. Anjing bisa mengerti 150 sampai 200 kata, menghitung sampai empat atau lima, dan bisa dengan sengaja menipu manusia dan anjing lainnya untuk mendapatkan camilan.

7. Anjing hanya berkeringat melalui cakar mereka

Tidak seperti manusia yang memiliki kelenjar keringat di sebagian besar tubuhnya, anjing hanya memiliki kelenjar keringat di antara bantalan kaki mereka. Untuk mendinginkan diri, alih-alih berkeringat anjing akan melakukan panting, yaitu membuka mulutnya dan seolah tampak terengah-engah. Kelembaban di lidah mereka menguap dan suhu tubuh mereka menurun secara keseluruhan. Panting akan meningkatkan frekuensi pernafasan anjing menjadi 300-400 kali per menit dibandingkan tarikan nafas normal 30-40 kali per menit.

Loading...

Komentar Anda