4 Bahaya Jika Anda Tidur Sambil Mengenakan Lensa Kontak

Loading...

Lensa Kontak

Lensa kontak memang praktis dan fashionable, karena itulah banyak orang mulai meninggalkan kacamata untuk beralih ke lensa kontak. Tapi penggunaan lensa kontak juga bukan tanpa resiko, terutama jika kita abai dengan hal-hal terlihat sepele namun penting ini, misalnya tidur. Ya, tidur sambil memakai lensa kontak sangatlah berbahaya. Beberapa waktu lalu ada pemberitaan seorang supermodel di Kalimantan yang mengalami kebutaan karena ia memakai lensa kontak saat tidur dan kurang menjaga kebersihannya.

Nah, ada empat bahaya yang mengintai jika Anda tetap melakukan kebiasaan buruk itu.

1. Infeksi parasit

Sekali dua kali tertidur dan lupa melepas lensa kontak mungkin masih bisa dimaklumi, tapi jangan sampai menganggapnya remeh. Parasit dan bakteri bisa saja masuk ke dalam mata Anda melalui lensa kontak. Kornea membutuhkan oksigen, dan jika suplai oksigen terganggu karena kehadiran lensa kontak, maka permukaan jaringan epitel akan rusak dan menimbulkan luka kecil. Kondisi ini pada akhirnya akan mempermudah bakteri untuk menginfeksi.

Loading...

2. Hipoksia

Hipoksia atau kekurangan oksigen akan terjadi pada kornea karena terlalu lama memakai lensa kontak. Semua bagian tubuh kita membutuhkan oksigen untuk berfungsi normal. Dan bila kornea kekurangan oksigen, resikonya bisa fatal, salah satunya pertumbuhan pembuluh darah baru. Bila pertumbuhannya melebihi dua millimeter, maka Anda terancam kehilangan penglihatan alias mengalami kebutaan.

3. Kornea luka

Jangan sampai kornea mata Anda terluka karena terlalu lama memakai lensa kontak, apalagi jarang membersihkannya dan menggantinya secara teratur. Goresan sangat mungkin terjadi di permukaan mata yang mengakibatkan partikel-partikel kecil terjebak di dalamnya. Bakteri, pada gilirannya, akan berkembang di sana. Yang harus dicatat, orang yang tidur sambil mengenakan lensa kontak punya resiko lima kali lebih besar terkena infeksi mata yang sifatnya permanen.

4. Kebutaan

Ini adalah bahaya terbesar yang mengancam, yaitu kebutaan. Infeksi kornea atau keratitis paling sering menimpa pengguna lensa kontak, terutama yang malas menjaga kebersihannya. Berbagai bakteri, jamur, amuba, dan herpes semuanya bisa memicu terjadinya keratitis. Bila kondisi ini dibiarkan, mata akan mulai kehilangan penglihatan ringan dan bahkan kebutaan.

Loading...

Komentar Anda