5 Hal yang Harus Dihindari Saat Memakai Softlens

Loading...

Gambar Softlens

Softlens alias lensa kontak adalah alternatif alat bantu penglihatan yang menarik selain kacamata. Softlens juga bisa meningkatkan penampilan Anda yang ingin melepas kacamata. Karena maraknya penggunaan softlens, kita harus sadar betul akan risiko besar yang bisa ditimbulkannya jika salah dalam menggunakannya. Karena bila tidak, berbagai masalah mulai dari infeksi mata, kerusakan kornea, hingga kebutaan bisa saja terjadi.

Berikut lima hal yang perlu diperhatikan jika Anda memilih menggunakan softlens ketimbang kacamata.

1. Meski fungsinya vital sebagai pembantu penglihatan, jangan menggunakan softlens terlalu lama sebab ini akan berbahaya bagi mata Anda. Jangan sampai menggunakannya lebih dari 10 jam karena kornea mata akan kesulitan mendapatkan oksigen yang dibutuhkannya. Terlalu lama memakai softlens juga akan memicu perkembangan bakteri yang bisa berakibat fatal, seperti kebutaan.

Loading...

2. Hindari menyentuh softlens dengan tangan karena bisa saja tangan Anda penuh bakteri dan kotoran yang bisa memicu infeksi. Jika Anda akan memasang soflens ke mata, cucilah terlebih dahulu tangan Anda dengan sabun.

3. Orang mungkin sering lupa tidur sambil tetap memakai soflens, terutama di siang hari. Faktanya, selain tidak nyaman, ini juga bisa menimbulkan infeksi. Seperti dijelaskan di poin pertama, soflens bisa menghalangi aliran oksigen untuk kornea mata.

4. Jangan sekali-kali membersihkan soflens menggunakan air keran sekalipun terpaksa. Alasannya sama, bakteri banyak dijumpai dalam air keran. Belilah cairan khusus (solution) untuk membersihkan soflens Anda.

5. Melakukan kegiatan di dalam air sambil mengenakan soflens tentu tidak bisa dibenarkan. Ketika Anda hendak mandi atau berenang, lepaslah soflens Anda terlebih dahulu. Bakteri banyak berkembang di dalam air, karena itulah resiko terkena infeksi mata semakin besar. (KP)

Loading...

Komentar Anda