Apakah Tongue Tie pada Batita Itu Berbahaya?

Loading...

Pagi bunda-bunda semua. Mau nanya, apakah tongue tie itu berbahaya? Anak saya 3 tahun dan 8 bulan dinyatakan tongue tie oleh dokter. Katanya jika tidak dipotong pertumbuhan anak makin mengecil, apakah benar? Anak pertama kurus karena susah makan, anak kedua lumayan gemuk dan maem alhamdulillah doyan. (Bunda SavViera AM)

Sharing Ibu dan Anak

Sumber: Forum Sharing ASI MPASI

Tanggapan:

– Bunda Artiza: Ciri-cirinya gimana mbak?

– Bunda SavViera AM: Di bawah lidah itu garis tengahnya itu lho dek kaya ada garis mirip lidah cicak apa ya, atau disebut lidah pendek. Itu keturunan katanya, pada nurun dari aku tapi aku kok ya doyan maem dan bisa gemuk hehehe. Kata dokter kemarin Asyam bakal mengecil kurus-kurus ga akan bisa tinggi begitu juga Mika.

– Bunda Olga: Coba second opinion say, cari dokter anak yang lain. Diagnosanya sama atau nggak.

– Bunda Hayu: Saya bantu colek Ibu Admin Devi Arianti yaa mungkin bisa sharing pengalaman.

– Bunda Ella: Up ah bunda soalnya anakku juga begitu.

– Bunda Devi: Hai bunda-bunda, terimakasih sebelumnya mama Hayu udah colek-colek saya.

Berbagi sedikit pengalaman ya bunda. Kedua anak saya dinyatakan tongue tie dan gagal tumbuh. Anak pertama gagal tumbuh di usia 2 bulan dan anak kedua di usia 1 bulan.

Loading...

Keduanya tongue tie, dan harus diincisi agar aktifitas menyusuinya bisa lancar kembali. Karena tongue tie membuat lidah tidak bisa bergerak sempurna yang mengakibatkan si kecil susah menyusu, berat badan tidak naik, dan beresiko gagal tumbuh.

Sebetulnya tongue tie ada beberapa tipe. Semua anak punya TT, hanya saja ada yang perlu diincisi, ada juga yang tidak, tergantung tipenya dan dilihat juga pertumbuhannya.

Ada yang tongue tienya terlihat jelas, heart shape, namun tidak perlu diincisi karena berat badannya naik normal, menyusu lancar. Tapi ada juga yang tongue tienya samar, medium namun karena berat badan si anak tidak naik dan beresiko gagal tumbuh, maka sebaiknya tongue tienya diincisi. Dokter anak saya pernah bercerita, tongue tie yang tidak diincisi biasanya di beberapa anak nantinya cadel, tapi ada juga yang tidak.

Untuk anak bunda SavViera AM, karena si kecil sudah berusia di atas 6 bulan, maka sebaiknya dikonsulkan kembali ke dokter anak. Lihat juga grafik KMS-nya, apakah naik terus, stagnan, atau malah turun. Jika stagnan atau turun, pastikan juga apakah ada indikasi lain seperti ADB atau TB yang bisa membuat BB anak tidak naik. Jika ada kenaikan tiap bulan, bicaranya lancar, tidak diincisi pun tidak apa-apa.

– Bunda Detty: Sekedar saran. Kalo yang suka main Instagram coba follow IG-nya Raphael Naratama. Di situ isi IG-nya banyak banget informasi soal tumbuh kembang anak lengkap. Masalah tongue tie juga ada dibahas di situ. Bisa konsul juga karena yang punya IG dokter juga… TQ

– Bunda Novii: Anak saya juga tongue tie. Anak pertama jelas banget heart shapenya. Sekarang umur 6 tahun. Sebelum 6 tahun cadel sampai dijadiin olok-olok temannya. Alhamdulillah anakku mau belajar ucap huruf R. Sekarang bisa, heuu… Kalo dibilang gagal tumbuh memang anakku kecil. Kurang tinggi iya. Nah anakku yang kedua umur 3 minggu. Ini juga TT, tapi kata DSA ga terlalu parah. Kemarin tanya berapa insisi di Hermina itu 20 juta, huhuhhhu mahal. Tapi kata DSA ga harus selalu insisi. Dilihat perkembangannya saja

Loading...

Komentar Anda