Bayi 6 Bulan Muntah-muntah Sejak Pagi, Apa Solusinya?

Loading...

Bun share dongs.. Anak saya usia 6 bulan baru MPASI, lagi muntah-muntah dari jam 4 pagi bunyi perutnya blubublubub. Saya oles-oles minyak telon sambil pijat-pijat. SMS dokter spesialis anak disuruh kasi Vometa drop 3 x 0.3 ml dan stop kasi MPASI dulu. Terakhir MPASI hari ketiga dikasi gasol beras coklat dan ASI. Saya masih nunggu reaksi anak saya karena sampai dengan jam 3 sore tadi muntah yang kesepuluh. Sementara minum obat sudah 2x, tapi ASI masih masuk. Boleh share ga bun pengalaman-pengalaman bunda. Terima kasih banyak bunda. (Bunda Avianti P)

Sharing Ibu dan Anak

Sumber: Forum Sharing Asi MPASI

Tanggapan:

– Bunda Susan: Dari gasol mungkin bun. Anak saya juga pernah alergi gasol langsung merah-merah sebadan.

– Bunda Rum: Gasol apa sih bunda? (maaf ga tahu). Ini putri saya usia 6 bulan 10 hari, baru aku kasi buah (pisang, naga, alpukat), rencana sampai 7m mau buah dan sayur saja dulu. Nanti kalau sudah 7m baru bubur-buburan.

  • Bunda Avianti: Hari pertama aku alpukat bun. Kedua coba gasol (tepung beras non instan yang harus dimasak dulu). Aku juga mau buah dan sayur dulu deh bun abis ini. Anakku yang pertama dari awal serelia tapi baik-baik aja. Sensasinya beda-beda tiap anak. Belajar teruss… Dikasi deg2-degan lagi bun.
  • Bunda Myra: Gasol itu tepung-tepungan organik bun, ada kacang hijau, kedelai, beras merah & coklat, dan banyak lagi. Anakku makan gasol sampai umur 10 bulanan, tapi cuma untuk sarapan aja, biar gak ribet, tapi tetap ada campuran buah.

– Bunda Tri: Bukannya gasol sekarang sudah tidak disarankan untuk MPASI ya? Bener atau salah mak…

– Bunda Kartika: Gasol, atau pun jenis tepung apa pun sudah tidak disarankan untuk MPASI.

Loading...

Tepung boleh diberikan pada bayi, itu pun bukan untuk makanan pokok, itupun diberikan usia 8 bulan ke atas. Tepung maizena misalnya, untuk pengental saus pasta. Atau tepung hunkwe untuk buat puding. Stop MPASI-nya dengan gasol/tepung yaa bun.

Bunda Ika: Bukannya 14 hari pertama masih menu tunggal buat pengenalan ya bun.

Bunda Amazhita: Anak saya dulu pakai tepung Gasol jadi sembelit parah pup-nya sampai keras seperti batu bun dan mengeluarkan darah sampai saya bawa ke UGD karena menangis terus. Maklum dulu saya belum mengenal grup ini dan kurang pengetahuan. Ternyata itu tidak disarankan.

Bunda Suci: Anak udah 10 kali muntah, saran saya langsung ke DSA (dokter spesialis anak –red). Biar dicek.

Untuk MPASI, ya tepung-tepungan mau tepung beras dan lainnya tidak disarankan lagi karena selain tidak mengenalkan tekstur secara asli (nasi ya teksturnya nasi, bukan tepung) juga rentan menyebabkan sembelit.

Bunda Avianti MPASI sudah dikasi lemak tambahan belum? Oh ya, menunya nggak harus buah atau sayur dulu, jenis karbo dan proteinnya sudah harus dikenalkan. Menu tunggal 7 hari pertama (update WHO terbaru, jadi bukan 14 hari lagi), kalau bisa anak sudah kenal berbagai macam karbo (kentang, ubi, dsb), protein nabati dan hewani, serta vitamin.  Kalau cuma buah dan sayur, tidak tercukupi dengan baik asupannya. Sedangkan kebutuhan zat besi pada anak tinggi, dan harus tercukupi dengan semua jenis gizi.

Yang penting ketika anak muntah, asupan cairan harus dijaga, gempur ASI atau air putih. Apabila anak terlalu lemas/pucat/tidak aktif, langsung bawa ke UGD. Pemberian obat tetap wewenang DSA ya, jangan kasi sendiri.

– Bunda Nailatul: Kalo sudah sebanyak itu sebaiknya langsung dibawa ke DSA atau UGD bun. Kasian dedeknya. Semoga cepat sembuh…

– Bunda Ina: Kemarin anakku usia 6M 15D gitu juga bunda. Muntah 10 kali langsung di bawa ke RS dan langsung dirawat karena sudah lemas. Dari dokternya langsung dikasi obat Vometa drop juga bunda dan stop MPASI. Alhamdulillah 4 hari dirawat sehat dan sudah MPASI lagi. Kemungkinan baby bunda ada salah makan juga atau ada bakteri yang masuk hingga ia muntah berkali-kali.

Bunda Avianti: Bener bun Ina… Kalau aku dikasi tau karena ada virus di pencernaannya, jadi muntah terus. Dikasi kaya Yakult, lactobacillus, Vometa drop. Semalem anget lagi, cuma si baby masih lincah jadi mungkin gak dirawat. Semoga cepet sehat yaa bun anak-anak kita. Amiiin yaa rabb…

Loading...

Komentar Anda