Bayi 8 Bulan Sembelit, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Loading...

Maaf bunda mau tanya…  Di sini ada gak ya yang babynya sembelit… Anakku umur 8 bulan bund, 3 hari yang lalu dia BAB tapi kayak susah gitu, pup-nya juga keras. Tadi dia ngejan” gitu bund seperti mau BAB sampe nangis tapi gak bisa keluar… Gimana ya bun biar bisa BAB… mohon infonya bunda… (Bunda Lu Luk)

Sharing Ibu dan Anak

Sumber: Forum Sharing Asi Mpasi

Tanggapan:

-Bunda Griya: Buah naga mbak bisa membantu melancarkan BAB.

Loading...
  • Bunda Lu Luk: Sudah kemarin mbak tapi ya kok pancet… Tapi BAB sih sambil nangis gitu tapi keluarnya kok ya dikit banget.

– Bunda Naila: Jika anak kesulitan dalam BAB, segera observasi asupannya. Susah BAB penyebabnya antara lain kurang asupan cairan, porsi makan yang terlalu banyak, naik tekstur terlalu cepat, terlalu banyak serat (bayi di bawah 2 tahun memiliki keterbatasan kemampuan menyerap bahan makanan berserat tinggi), kurang asupan lemak, atau bisa jadi merupakan salah satu ciri alergi. Kalau memberi yang kaya serat, imbangi dengan asupan cairan yang cukup.

Setiap anak juga kadang memiliki reaksi yang berbeda terhadap suatu makanan. Ada yang sembelit karena makan pepaya, tapi justru ada yang lancar jaya pup-nya karena pepaya. Ada yang rentan sembelit karena beras merah, ada juga yang tidak. Oleh karena itu, buat food diary untuk mengetahui jenis-jenis makanan apa yang menimbulkan alergi atau sembelit.

Untuk memperlancar pup bisa dibantu juga dengan pijat ilu dan gerakan gowes sepeda. Jangan lupa memberi lemak tambahan seperti minyak (minyak apa saja sesuai ketersediaan di dapur masing-masing, asal minyak baru bukan bekas pakai) di setiap porsi makan. Fungsi minyak yaitu sebagai sumber kalori bayi yang sedang tumbuh berkembang pesat, melezatkan rasa bubur, melembutkan bubur sehingga mudah ditelan, dan meningkatkan fungsi protektif sayur serta buah karena lemak membantu penyerapan berbagai vitamin berharga. Serat dari sayur, karbo ditambah lemak akan membuat bayi mudah mengeluarkan feses karena kotoran jadi tidak keras.

Loading...

Komentar Anda