Anak Usia Tiga Tahun Tapi Ngomongnya Masih Belum Jelas

Loading...

Assalamualaikum budok dan bunda sekalian. Saya punya anak cowok 3y 7m, tapi ngomongnya masih belum jelas. Lancarrrr si bund, bawel banget juga, tapi anak saya misal bilang ‘lagu’ jadi ‘latu,’ ‘kaki’ jadi ‘tati,’ ‘jalan’ jadi ‘dalan,’ intinya huruf CDGJKQT itu hampir jadi T semua. Huruf S kalo di depan juga berubah jadi T, tapi kalo di belakang tetep S. Yang jadi pertanyaan saya adalah apa bunda-bunda sekalian ada yang senasib sama saya? Juga apa yang seperti itu masih dalam batas normal? Bila iya, batasannya sampai usia berapa ya bund? Dan bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih, mohon jawabannya. (Bunda Trisna)

Sharing Ibu dan Anak

Sumber: Forum Sharing ASI MPASI

Tanggapan:

Bunda Chitra: Sama bun, anakku 3y 10m juga begitu, tapi sambil diterapi sekarang. Terapi wicara ke klinik tumbuh kembang, bunda, nanti ada dokter rehab medik. Dari dokter rehab biasanya nanti disarankan untuk terapi wicara bunda.

Bunda Halida: Duluu anaknya sodara pernah kaya gitu, tapi ternyata setelah terapi dalangnya ayahnya sama kakanya kalo ngomong sama anaknya suka digitu-gituin, suka dicadel-cadelin, suka dikaya bayiin, kaya tati nde enaaa pinteeel tayaaang dede cini cini kaya gitu-gitu dehh. Akhirnya sih endingnya semua anggota keluarga ngomongnya harus bener terus digituin terus diajak ke tempat yang banyak orang biar ngedenger orang-orang ngomong sambil dibenerin kalo ngomong yang bener itu gimana.

Loading...

Bunda Anita: Usahakan sejak dini kita melatih pelafalan secara benar. Misal ini ya bun, celana ya celana bukan nana. Sakit, bukan atit. Untuk sekarang, satu kata dua kata kita koreksi sambil membetulkannya dengan diikuti anak sampai betul, minimal mendekati betul. Harus telaten juga sih bun.

Bunda Anisa: Selamat malam bunda.

Ananda umur 3y 7m, namun artikulasi yang diproduksi oleh organ lidah di antaranya CDGJKQR berubah jadi T, baik pada posisi depan, tengah, akhir, begitu kan yaa?

Huruf-huruf lidah ini biasanya mulai benar pengucapannya di umur 2 tahun ke atas, ada yang sudah lancar di umur 2 tahun, ada juga yang lancar di umur 3 tahun. Beberapa kata yang diucapkan terjadi penggantian huruf atau penghilangan huruf di awal atau tengah atau akhir kata juga masih dalam kategori wajar.

Seiring dengan seringnya mengucap dan memberikan stimulasi pengucapan/artikulasi yang baik, maka biasanya di umur 3-4 tahun sudah mulai lancar mengucapkan kata yang mengandung konsonan yang diproduksi lidah tersebut.

Nah, yang menjadi perhatian dan pertanyaan saya pada kasus anak bunda adalah apakah benar hampir semua kata yang mengandung C, D, G, T, K, dengan posisi huruf di awal kata, tengah kata, akhir kata, semuanya berubah menjadi T?

Jika iya, saya sarankan konsultasikan langsung ke klinik tumbuh kembang anak, agar nanti ditest artikulasi oleh speech therapist. Agar diketahui penyebabnya apakah hanya karena kurang stimulasi artikulasi atau karena faktot lingkungan atau karena hal lain, jika diperiksa dan dites secara langsung insya Allah lebih tepat penanganannya.

Jika penyebabnya hanya karena kurang stumulasi artikulasi atau karena faktor lingkungan misal meniru orang di sekitarnya dan lain-lain, maka insya Allah penanganannya lebih cepat, dan tentu saja dibarengi dengan latihan di rumah sesuai dengan PR program yang dibuat terapis, jadi tidak hanya mengandalkan latihan di tempat terapi.

Demikan bunda, salam sayang untuk ananda

Bunda Evi: Samaaa… Kembarku usia 2 tahun 9 bulan gak bisa huruf K, L, R, dan huruf G yang kadang bisa kadang enggak disebutin.

Loading...

Komentar Anda