Inilah Deretan Girlband Favorit Para Tentara Korea Selatan

Loading...

Tentara Korea

Seorang pilot dari Angkatan Udara Korea Selatan baru-baru ini membagi pengalamannya tentang bagaimana grup-grup K-Pop dilihat di dunia militer. Di komunitas K-Pop Reddit, seorang user dengan nickname OwlOfJune memperkenalkan diri sebagai anggota Angkatan Udara Korsel yang saat ini sedang menjalani tugas wajib selama dua tahun. Ia mengungkapkan pandangannya tentang K-Pop sebagai warga negara Korsel.

Beberapa user lain dari komunitas terkenal tersebut meminta OwlOfJune menunjukkan bukti identitasnya. Ia lalu memposting foto dirinya dengan seragam dan usernamenya. Sebelum ia mulai bercerita, ia memberi himbauan agar orang-orang tak menganggap kata-katanya itu mewakili pandangan para tentara Korsel.

KPOP

OwlOfJune kemudian melanjutkan dengan mengatakan bahwa sebelum dirinya memasuki militer, ia memiliki sedikit minat pada K-Pop dan musik pada umumnya. Namun setelah bergabung dengan angkatan udara, ia justru menjadi “tergila-gila” dengan berbagai girlband seperti GFRIEND, Lovelyz, April, dan Oh My Girl, yang menurutnya umum bagi banyak tentara.

Loading...

Soal mendengarkan atau menonton konten-konten K-Pop, OwlOfJune mengungkapkan bahwa sebagian besar tentara menggunakan televisi yang tersedia di setiap asrama untuk menonton acara musik dan variety show.

Banyak pula tentara yang mendengarkan K-pop melalui MP3 player atau menggunakan internet gratis selama dua jam. Beberapa tentara bahkan rela membeli musik mereka di tempat-tempat resmi, tetapi banyak juga yang membeli musik bajakan. Namun pembelian merchandise K-Pop dan atau membuat fandom jarang ditemukan di kalangan tentara.

OwlOfJune lantas menyusun daftar grup idol mana yang paling populer di angkatan udara Korsel berdasarkan pendapat umum. Hasilnya tercantum di bawah ini.

Grup idol yang langsung mereka tonton ketika menyalakan TV

  • Gugudan, CLC, DIA
  • Momoland, Ladies’ Code, Hello Venus, f(x), T-ARA
  • Girls’ Generation, Wonder Girls
  • SEVENTEEN (Grup idol ini muncul sebagai kejutan bagi banyak orang. Beberapa tentara menyukai mereka karena lagu-lagu mereka dianggap “lucu”)

Grup idol yang membuat mereka rela mengganti channel untuk menontonnya

  • Red Velvet, BLACKPINK, Dreamcatcher, SONAMOO (Grup idol ini dianggap sebagai girlband keren)
  • LABOUM, April, Oh My Girl, Cosmic Girls, Lovelyz (Grup idol ini dianggap sebagai girlband yang cute/aegyo)
  • BIGBANG (Ini adalah boyband yang paling disukai)

Grup idol yang akan mereka tonton dalam kesempatan mendatang

  • EXID, AOA, 9MUSES, Sistar (Grup idol ini dianggap sebagai “empat grup seksi”)
  • MAMAMOO, APink, Davichi (Grup idol ini dianggap sebagai “tiga grup berbakat”)
  • AKMU, IU (Meski ini bukan grup idol, mereka juga populer)

Grup idol yang mereka anggap sebagai dewi K-Pop

  • GFRIEND, TWICE (Mereka bahkan rela menonton iklan-iklan jika dua grup idol ini muncul)
  • I.O.I dan Produce 101 (OwlOfJune menceritakan bahwa acara ini sangat populer di dunia militer)
Loading...

Komentar Anda