Berapa Pendapatan SM, YG, JYP, dan FNC di tahun 2016?

Loading...

Agensi Korea

Sebuah laporan keuangan baru-baru ini dirilis oleh Sistem Pengawasan Keuangan Korea yang merinci pendapatan, laba usaha, dan laba bersih dari empat agensi hiburan terbesar Korea, SM Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, dan FNC Entertainment.

Pendapatan dihitung dari jumlah uang yang dihasilkan masing-masing perusahaan dari tiket konser, penampilan di berbagai event, dan penjualan secara keseluruhan. Laba operasional dihitung dari pendapatan dikurangi biaya operasional seperti biaya produksi, biaya artis, dan banyak lagi. Terakhir, laba bersih dihitung dari laba operasional dikurangi pajak.

Dan berikut adalah rincian pendapatan empat agensi besar tersebut pada tahun 2016 seperti dilansir Koreaboo:

SM Entertainment

SM Entertainment melaporkan pendapatan sebesar 349,8 miliar won, dengan laba usaha sebesar 20,7  miliar won dan laba bersih 4,01 miliar won

Angka ini menunjukkan peningkatan 7,51% dibandingkan dengan tahun 2015 yang menghasilkan pendapatan 325 miliar won. SM Entertainment menjelaskan mengapa laba operasional mereka sangat rendah.

“Laba operasional kami lebih rendah dari yang diharapkan karena ketidakhadiran TXVQ dan Super Junior, yang berada di militer.”

YG Entertainment

Loading...

YG Entertainment mencapai jumlah pendapatan tertinggi dalam sejarah perusahaan ini pada tahun 2016 dengan meraup pendapatan 321 miliar won, dengan laba operasional sebesar 31,9 miliar won dan laba bersih 14,0 miliar won.

Pendapatan perusahaan meningkat tajam sebanyak 66,6% dibandingkan dengan tahun 2015.

“Penjualan kami di luar negeri telah meningkat karena globalisasi artis kami di berbagai daerah di seluruh dunia. Namun laba bersih kami turun 41% karena kenaikan pajak dari promosi di luar negeri.”

FNC Entertainment

Meski FNC Entertainment mencatatkan pendapatan sebesar 91,4 miliar won, perusahaan ini mengalami kerugian keseluruhan karena defisit laba operasional sebesar 2,51 miliar won dan defisit laba bersih sebesar 6,41 miliar miliar won.

FNC Entertainment menyebut kerugian ini disebabkan kebijakan perusahaan yang memperluas portofolio manajemen, yang tidak hanya mencakup artis, tapi juga aktor dan entertainer.

JYP Entertainment

2016 adalah tahun terbaik JYP Entertainment secara finansial dalam sejarah perusahaan, di mana mereka mencetak rekor untuk pendapatan, laba usaha, dan laba bersih. Meski mereka hanya membukukan pendapatan sebesar 73,6 miliar won, mereka mencatatkan laba operasional sebesar 13,8 miliar won.

Adapun laba bersih perusahaan melonjak lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan tahun 2015, yakn dari 3,22 miliar won menjadi 8,48 miliar won. JYP Entertainment menyebut keberhasilan tahun ini berkat artis-artis mereka.

“Penjualan album baru artis-artis kami, baik secara fisik maupun digital, serta penjualan tiket konser di luar negeri dan penjualan merchandise dari semua artis kami mengalami peningkatan.”

Loading...

Komentar Anda