7 Fakta Menarik di Balik Film Arrival (2016)

Loading...

Gambar Film Arrival

Arrival adalah film bergenre fiksi ilmiah yang dibintangi Amy Adams, Jeremy Renner, serta Forest Whitaker. Film peraih delapan nominasi Oscar (termasuk Film Terbaik) ini menceritakan kedatangan pesawat alien raksasa di 12 lokasi berbeda di bumi. Ketika seluruh dunia bersiaga untuk melancarkan peperangan besar melawan para alien, militer Amerika Serikat mengirim seorang ahli bahasa dan seorang fisikawan untuk berkomunikasi dengan makhluk asing tersebut. Apa yang akan mereka lakukan dan apa motif para alien itu datang ke bumi? Berikut fakta-fakta seru di balik film berdurasi 1 jam 58 menit ini.

1. Sutradara Denis Villeneuve dan penulis skenario Eric Heisserer menciptakan bahasa visual alien yang sepenuhnya berfungsi sebagaimana digambarkan di film ini. Tim Heisserer menciptakan kitab logogram yang berisi ratusan logogram operatif yang sepenuhnya berbeda, dan sebanyak 71 darinya ditampilkan di film ini.

Loading...

2. Diproduksi dengan budget sedang, 47 juta dolar AS, Arrival sanggup mendatangkan pendapatan besar mencapai 198 juta dolar AS di box office.

3. Sutradara dan tim penulis skenario benar-benar melakukan penelitian intensif untuk menguji keakuratan ideologi ilmiah film ini. Mereka berkonsultasi dengan ilmuwan dan inovator teknologi, Stephen Wolfram, dan putranya, Christopher Wolfram, untuk mempelajari semua terminologi dan penggambaran grafik di film ini.

4. Dalam sebuah wawancara, Amy Adams mengaku tidak paham bahasa Mandarin samasekali sebelum syuting film ini. Di adegan menjelang akhir, karakter Amy (Louise Banks) berbicara dengan jenderal militer China di telepon menggunakan bahasa Mandarin.

5. Film ini didasarkan pada cerita pendek berjudul Story of Your Life yang ditulis oleh Ted Chiang di tahun 1998.

6. Meski bentuk pesawat alien sudah ditentukan sejak awal, sutradara mengaku kesulitan membayangkan interior kapal yang memungkinkan manusia untuk bergerak dengan mudah di desain yang terjal dan vertikal. Akhirnya mereka menemukan solusi cermat untuk mengubah gravitasi ke arah samping (dinding masuk pesawat).

7. Secara keseluruhan, Arrival telah mengumpulkan 144 nominasi penghargaan dan memenangkan 18 di antaranya dari berbagai ajang, termasuk satu piala Oscar untuk kategori Penyuntingan Suara Terbaik.

Loading...

Komentar Anda