4 Mobil Keren yang Pernah Digunakan Para Presiden Indonesia

Loading...

Gambar Mobil Presiden RI

Beberapa hari ini media massa ramai memberitakan insiden mogoknya mobil kepresiden Joko Widodo (Jokowi). Beberapa pihak menyarankan agar Jokowi diberi mobil baru yang lebih tangguh ketimbang Mercy seri S yang sudah berumur itu, tapi Jokowi menolak dengan alasan penghematan. Yang perlu diketahui, mobil kepresidenan adalah fasilitas kendaraan yang diberikan oleh negara pada seorang presiden untuk melakukan tugas-tugasnya.

Dalam sejarah Indonesia, mobil kepresidenan telah berganti beberapa kali. Mobil yang ditunggangi Jokowi ini adalah warisan dari presiden terdahulu, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Tak heran, di usianya yang sudah lumayan tua ini mobil kepresidenan Jokowi mulai mengalami berbagai masalah.

Berikut adalah daftar mobil yang pernah dipakai para presiden kita dari masa ke masa.


1. Buick-8

Gambar Mobil Buick-8

Buick-8 adalah mobil klasik berwarna hitam yang dipakai oleh presiden pertama kita, Soekarno. Mobil buatan Amerika Serikat tahun 1939 ini memiliki mesin dengan kapasitas 5,2 liter. Di dunia, mobil ini hanya diproduksi sebanyak 1.415 unit. Sejarah mobil R-1 ini sangat unik karena merupakan hasil rampasan dari penjajah Jepang pada tahun 1945.

2. Mercedes-Benz 500SEL

Gambar Mobil Mercedes-Benz 500SEL

Loading...

Mercedes-Benz 500SEL adalah mobil tunggangan presiden kedua, Soeharto, yang mesinnya berkapasitas 5 liter. Yang istimewa, Mercy satu ini diberi spesifikasi keamanan setingkat mobil presiden AS, Bill Clinton, serta mobil Ratu Elizabeth II. Kecepatannya pun luar biasa karena mobil ini mampu melaju hingga kecepatan 220 km/jam. Tak cuma itu, bannya didesain anti peluru dan ranjau darat, sementara bodinya dilapisi baja platina hitam.

3. Mercedes-Benz S600

Gambar Mobil Mercedes-Benz S600

Tiga presiden pernah menaiki mobil ini sebagai kendaraan kepresidenannya, yaitu B.J. Habibie. Abdurrahman Wahid, serta Megawati Soekarnoputri. Ini adalah mobil pertama yang menjadi warisan presiden-presiden RI pasca lengsernya Soeharto. S600 bisa melaju hingga kecepatan 210 km/jam. Bodi dan kacanya dilengkapi teknologi anti peluru serta mampu menahan serangan bom dan granat.

4. Mercedes-Benz S600L

Gambar Mobil Mercedes-Benz S600L

Dua presiden berikutnya, Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo, menggunakan Mercy seri S600L. Mobil ini berlapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7. Kecepatan maksimal yang dicapai sama dengan S600, yaitu 210 km/jam. Bahkan jika bannya kempes atau bocor, mobil tangguh ini masih mampu melaju sampai kecepatan 60 km/jam. Soal daya tahan, S600L mampu menahan serangan senjata militer standar serta serangan granat tangan dan peledak lainnya.

Loading...

Komentar Anda