5 Aplikasi yang Harus Diuninstall Agar Android Nggak Lemot

Loading...

Aplikasi Android Lemot

Smartphone memang identik dengan beragam aplikasi keren untuk berbagai keperluan, mulai dari chatting, bersosmed, mengedit foto, mendengarkan musik, bermain game, dan lain sebagainya. Berbagai developer bersaing untuk menyodorkan aplikasi terbaik mereka hingga ponsel Android kamu pun dipenuhi aplikasi. Sayangnya, hal itu justru bisa membuat ponsel kamu lola, lemot, ngefreeze, atau ngehang.

Sederet aplikasi di ponsel kamu bukan hanya membuat kinerja Android lemot, tapi juga menguras daya baterai. Karena itulah kamu harus pintar-pintar menyeleksi aplikasi apa saja yang layak dipertahankan dan wajib dibuang. Nah, lima aplikasi ini berukuran raksasa dan menguras memori, karena itulah wajib ditendang dari handphone kamu.


1. Facebook

Wait, Facebook? Ya, aplikasi sosmed paling populer ini sangat besar ukurannya, cek saja di Pengaturan ponsel kamu. Facebook bakal menghabiskan memori dan memperlambat kinerja ponsel dengan berbagai notifikasinya (tapi ini bisa dimatikan). Facebook juga tetap aktif sebagai background app yang memberatkan performa smartphone. Solusinya, install saja Facebook Lite yang jauh lebih ringan atau buka Facebook di browser kesayanganmu.

2. Clean Master

Loading...

Clean Master, Speed Booster, atau aplikasi sejenisnya memang makin marak dipergunakan untuk membersihkan sampah-sampah cache (gambar) dan file-file yang tidak perlu dari ponsel, tapi aplikasi-aplikasi ini ukurannya cukup besar, menyisahkan ‘sampah’ baru, serta menguras daya baterai. Membersihkan cache untuk menambah memori tak perlu dilakukan dengan Clean Master, cukup pergi ke Pengaturan, masuk ke Aplikasi, pilih aplikasi yang hendak dibersihkan, dan klik Clear Cache.

3. Google Chrome

Brower bawaan Google Android ini memang punya banyak kelebihan, terutama soal googling atau browsing di Google. Tapi yang jelas, Chrome punya ukuran besar dan sangat sering meminta update untuk meningkatkan keamanan dan performanya. Setiap update jelas akan menambah ukurannya. Ponsel bermemori terbatas bakal tersiksa jika harus dipasangi Chrome. Ada pilihan lain yang lebih ringan dan ramah memori, misalnya Opera Mini.

4. Antivirus

Meski virus selalu mengancam berbagai perangkat, Android sebenarnya relatif aman dari berbagai virus dan malware karena sistem yang dibuat Google ampuh untuk melawan virus. Misalnya, pengguna secara default tidak diperkenankan menginstal apapun (biasanya apk) dari sumber yang tak jelas selain Google Play Store yang sudah pasti lebih safe. Demikian pula Chrome akan memberikan berbagai warning jika suatu situs ditengarai mengandung virus. Beberapa perangkat bahkan sudah membenamkan aplikasi bawaan yang lebih ringan dari aplikasi antivirus di Play Store. Karena alasan-alasan itulah, aplikasi antivirus tambahan rasanya tidak diperlukan untuk perangkat Android.

5. Widget cuaca

Aplikasi cuaca biasanya berbentuk widget yang bisa dipasang di layar home. Tapi aplikasi semacam ini bisa menghabiskan daya baterai. Ada banyak aplikasi yang lebih bagus dan ramah memori, misalnya Google Now yang akan memberi informasi cuaca pada kamu tanpa perlu memperlambat kinerja ponsel.

Loading...

Komentar Anda