5 Cara Unik Biar Kamu Nggak Kecanduan Mainan Smartphone

Loading...

Gambar Orang Mainan Hape

Adalah pemandangan yang lazim jika saat ini kamu melihat orang betah berlama-lama menatap layar ponsel pintar mereka dan cuek dengan apa yang terjadi di sekitarnya. Orang bijak berkata, smartphone merampas waktu kehidupan kita. Ada pula yang bilang, smartphone menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. Well, itulah realita yang umum terjadi di mana-mana.

Smartphone punya banyak fitur seru dan mengasyikkan yang membuat orang kecanduan. Dengan gadget canggih ini, orang bisa bersosmed dan berfoto selfie ria, bermain game, chatting, dan lain sebagainya. Dalam dosis tinggi, tentu mainan smartphone tidak baik. Lantas bagaimana cara mengurangi kecanduan smartphone? Ini tips-tips uniknya.

1. Sembunyikan smartphone

Cara ini memang lumayan naif, tapi cukup efektif. Kalau kamu nggak melihat ponsel kamu bergeletakan di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau, besar kemungkinan kamu nggak akan tertarik mainan smartphone. Jadi, sembunyikan handset kamu itu di tempat yang tak terlihat, asal jangan sampai lupa menaruhnya! Dan pastikan pula tempat kamu menaruh ponsel itu aman dari jangkauan anak-anak, tangan jahil, atau pencuri.

2. Bisukan smartphone

Loading...

Salah satu pemicu utama orang membuka smartphone mereka adalah karena terdengar “cliing” atau “ting tung” alias bunyi pemberitahuan atau notifikasi khas dari aplikasi-aplikasi yang kamu instal di ponsel, entah itu aplikasi chatting, sosial media, online shop, dan lainnya. Untuk mengurangi kebiasaan mainan smartphone, aktifkan mode silent untuk membisukan suara-suara notifikasi itu. Jika notifikasi LED masih aktif, matikan, atau cukup balik layar ponsel kamu.

3. Bisukan dengan prioritas

Memang resiko membisukan ponsel adalah kamu bakal miss atau tidak tahu dengan masuknya panggilan atau chat penting, semisal dari keluarga atau bos. Karena itu, berlakukanlah prioritas. Di settingan notifikasi, matikan notifikasi yang kamu anggap kurang penting, tapi hidupkan yang kamu anggap penting, seperti telepon dan SMS dari nomor-nomor tertentu.

4. Pakai Smartwatch

Gadget satu ini memang jarang dipakai masyarakat dan kurang efektif dalam mengurangi ketergantungan pada smartphone. Tapi setidaknya, dengan smartwatch kamu bisa berhenti menatap layar ponsel berlama-lama hingga akhirnya tenggelam selama berjam-jam. Simpan smartphone kamu baik-baik, dan jika ada notifikasi penting (prioritas), smartwatch kamu akan memberi notifikasi.

5. Tumpuk ponsel

Yang satu ini bisa diterapkan pada saat acara ngumpul keluarga atau nongkrong bersama teman. Seringkali ngobrol jadi mandeg karena orang sibuk dengan ponselnya sendiri-sendiri. Karena itu, buatlah permainan seru, yaitu tumpuk ponsel. Siapapun yang mengambil ponselnya terlebih dahulu, maka dia harus diberi hukuman, misalnya mentraktir minuman atau camilan lainnya.

Loading...

Komentar Anda