3 Trik Menata Kamar Kos Murah yang Sempit dan Sumpek

Loading...

Kamar Kos

Kamar kos murah memang biasanya sempit dan sumpek, dan jika ditanya penyebabnya, maka dua hal inilah yang paling sering diutarakan, yaitu ukuran ruangan yang sempit dan banyaknya barang yang harus dimasukkan. Kamar kos murah biasanya berukuran 2,5 x 3 meter atau 3 x 3 meter, cukup sempit untuk disesaki berbagai furnitur seperti ranjang, almari, rak, serta televisi. Tapi jangan khawatir, setidaknya tiga trik simpel ini bisa membantu.

1. Jangan pakai ranjang

Panjang ranjang atau dipan standar adalah 2 meter, sedangkan lebarnya bervariasi, ada yang 90 cm, 120 cm, atau 180 cm. Tentunya Anda tidak bisa memaksakan ranjang berukuran King Size ke kamar kos yang sempit. Karena itulah sangat disarankan Anda tidak memakai ranjang, melainkan kasur yang dialasi karpet.

Dengan cara ini, kamar kos murah Anda akan terasa lebih lapang dan jarak Anda dengan plafon semakin tinggi. Ini memberikan kesan luas bagi penghuninya. Dan satu lagi, jika Anda hanya seorang diri, maka kasur kecil ukuran 90 x 200 cm sudah cukup untuk membuat Anda tidur dengan nyaman.

Loading...

2. Mengurutkan furnitur berdasarkan ukuran

Menurut seorang desainer interior kenamaan, perabot yang dimasukkan ke kamar kos sempit harus berurutan dari yang terbesar sampai yang terkecil. Caranya, masukkan dulu tempat tidur dan atur posisinya sebaik dan seefisien mungkin, usahakan merapat dinding agar tak ada ruang kosong yang terbuang. Perabotan lainnya bisa diatur sesudahnya.

Lemari bisa ditaruh di samping kasur, berdekatan dengan rak serbaguna. Sedangkan bila Anda punya TV, sebaiknya taruh di ujung atau bagian kaki kasur. Akan lebih baik jika TV Anda adalah jenis LED yang bisa digantung di tembok. Ini akan sangat menghemat ruang sebab Anda tak perlu memasang rak TV. Dengan cara ini, kasur Anda tak cuma berfungsi sebagai tempat tidur, tapi juga tempat duduk dan nonton TV.

3. Perhatikan posisi jendela

Dan yang tak kalah pentingnya adalah memperhatikan posisi jendela sebagai sumber sirkulasi udara dan cahaya. Kamar akan terkesan sumpek dan pengap bila aliran udara terhalang perabotan, karena itulah hindari menaruh perabot apapun di posisi yang menghalangi jendela.

Bebaskan jendela dari segala perabotan penghalang dan kamar Anda tak cuma akan terasa longgar, tapi juga segar dan bikin betah. Selamat mencoba ya!

Loading...

Komentar Anda