4 Tips Mencari Hotel yang Tepat buat Liburan di Luar Kota

Loading...
Penginapan di Bali
Losmen di Bali

Liburan ke luar kota adalah saat yang menyenangkan. Destinasi favorit seperti Jogjakarta dan Bali bisa menjadi pilihan. Nah bicara soal liburan di luar kota, tentu Anda harus mencari hotel yang tepat untuk beristirahat. Di kota-kota wisata, ada berbagai pilihan tempat penginapan, dari yang sekelas losmen seharga 100 ribuan sampai hotel mewah seharga 5 jutaan. Apapun pilihan Anda, jangan lupakan empat tips penting dalam memilih hotel berikut ini.

1. Perhatikan jarak menuju lokasi

Yang sering terjadi, semakin dekat sebuah hotel dengan lokasi wisata populer, semisal Malioboro atau pantai Kuta, semakin mahal harganya. Tapi jika dipikir-pikir lagi, hal itu sebenarnya logis. Hotel yang berada jauh dari lokasi wisata favorit memang lebih murah, tapi Anda bakal merogoh kocek lebih dalam untuk membayar biaya transportasi dari hotel ke lokasi wisata yang biasanya tak murah dan tak praktis. Karena itu, bidiklah semua hotel atau penginapan yang tak terlalu jauh dari lokasi tujuan Anda.

Loading...

2. Perhatikan akses menuju lokasi

Akses juga perlu diperhatikan. Misal Anda memiliki mobil, maka carilah hotel yang aksesnya menuju lokasi wisata mudah, seperti di pinggir jalan. Di Jogjakarta misalnya, ada banyak hotel kecil yang berlokasi di gang-gang perkampungan di sekitar Malioboro, dan ini tentu kurang ideal bagi Anda yang bermobil. Jika Anda suka jalan kaki, maka hotel ‘terpencil’ pun bukanlah masalah.

3. Perhatikan fasilitas

Setelah memastikan hotel Anda dekat dan aksesnya bagus, selanjutnya adalah perhatikan layanan hotel tersebut. Apa fasilitas yang bakal Anda dapatkan? Biasanya, hotel bintang tiga ke atas akan memberikan layanan kolam renang, sarapan, hingga bar. Tapi bila Anda ingin mengirit budget, cukup pilih hotel kelas melati saja yang punya pelayanan standar.

4. Perhatikan harga

Harga juga harus jadi pertimbangan utama dalam memilih sebuah penginapan liburan. Beberapa aplikasi akan membantu Anda mencari harga hotel terbaik, semisal Traveloka. Biasanya hotel akan memberikan promo-promo pada masa tertentu. Manfaatkan hal tersebut agar liburan Anda semakin murah dan tak menguras isi kantong.

Loading...

Komentar Anda