5 Penghematan Sederhana untuk Menabung Beli Rumah Impian

Loading...

Rumah Idaman

Setiap orang pasti mendamba punya sebuah hunian impian, tapi di tengah melonjaknya harga properti, impian itu rasanya begitu berat untuk dicapai. Harga rumah dan tanah tak lagi murah, dan lokasi-lokasi strategis pun sudah susah dicari. Kalau pun ada, harganya pasti selangit. Bahkan meski kini ada banyak tawaran rumah minimalis yang relatif murah, sebagian dari kita masih tetap tak mampu menjangkaunya.

Apa sih yang salah? Di samping memang kenyataan harga properti yang tak ramah, kita tak bisa memungkiri bahwa gaya hidup yang boros makin menjauhkan kita dari angan-angan membeli rumah. Jika niat membeli rumah sudah bulat, maka bulatkan pula tekad untuk melakukan penghematan besar-besaran. Kata orang Jawa, “Harus tirakat!”

1. Kurangi makan-makan di luar

Orang banyak akan menjawab, “Ah, berapa sih habisnya makan-makan? Gak banyak!” Mungkin memang tak seberapa, tapi jika dilakukan berkali-kali sampai menjadi kebiasaan, itu namanya pemborosan. Memasak dan makan di rumah jauh lebih hemat. Seringkali, kita makan di luar bukan karena terdesak atau lapar, tapi memang karena tergoda nafsu makan atau promo, ingin merasakan suasana baru, dan hal-hal kurang penting lainnya.

2. Kurangi beli baju

Loading...

Dengan ramainya online shop yang menjual berbagai pakaian dengan harga murah, nafsu untuk belanja bukannya menurun, tapi malah makin tinggi. Akibatnya uang gaji selalu dialokasikan untuk beli baju, sementara tak ada uang yang disisihkan untuk menabung membeli rumah. Kalau perlu, terjunlah ke bisnis clothing sebagai penjual. Anda bisa jadi reseller atau dropshipper, apa saja asal menambah penghasilan dengan cara yang halal.

3. Hentikan merokok

Laki-laki umumnya akan menghabiskan ratusan ribu hanya untuk dibakar dalam bentuk rokok. Tinggal dihitung berapa batang yang dihabiskan setiap hari, maka akan ketahuan berapa banyak pemborosan yang terjadi. Alih-alih membeli rokok, sebaiknya beli celengan dan mulai isi dengan rupiah yang dialokasikan dari uang rokok. Jika belum mampu berhenti, maka kurangilah kebiasaan itu.

4. Jangan belanja gadget baru

Smartphone, tablet, kamera, dan benda-benda canggih sejenisnya adalah godaan besar buat pasangan muda. Smartphone baru dengan fitur-fitur wah dijajakan setiap bulan dengan berbagai jenis penawaran dan diskon yang menarik. Bahkan meski sudah punya ponsel bagus, seseorang masih saja tergoda membeli barang baru yang tak ia butuhkan. Lalu kapan bisa menabung buat rumah?

5. Hemat energi

Yang satu ini wajib dijadikan kebiasaan: hemat energi, entah itu air maupun listrik. Dua hal itu memang relatif murah, tapi tetap harus dihemat. Matikan lampu yang tak terpakai, kurangi pemakaian benda-benda elektronik yang memakan daya listrik, jika perlu, simpan saja dan gunakan bila terdesak. Memang cara ini tak akan menghemat banyak uang, tapi setidaknya Anda sudah berusaha menekan pengeluaran yang tak perlu, bukan?

Loading...

Komentar Anda