5 Trik untuk Menekan Pengeluaran Bulanan yang Menggila

Loading...

Menabung

Sebagian besar dari kita pernah merasakannya: tanggal muda serasa tanggal tua. Gaji yang dikumpulkan dengan kerja keras selama satu bulan lenyap hanya dalam hitungan jam untuk membayar berbagai macam tagihan. Kita bisa jadi bertanya-tanya, “Kenapa gajiku cepat sekali habis?” atau “Kenapa pengeluaranku banyak sekali?”

Sebenarnya kita sendiri sudah tahu pasti jawabannya. Yang salah adalah cara pengelolaan uang kita. Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan? Penghematan! Inilah lima trik simpelnya.

1. Buat rencana pengeluaran yang realistis

Hidup menjadi tidak realistis dan gaji cepat menipis jika kita tidak pernah mengukur kemampuan. Nafsu membeli barang-barang yang di atas kemampuan pada akhirnya akan menyiksa sampai berbulan-bulan. Karena itu, belajarlah membedakan mana yang keinginan dan mana yang kebutuhan. Jelas kebutuhan harus kita dahulukan dan keinginan harus kita kikis. Jangan sampai kita kebanyakan utang hanya demi menuruti nafsu atau gaya hidup. Hidup sederhana tanpa banyak keinginan itu lebih asyik lho!

2. Kontrol keuangan dari dapur

Dapur adalah kunci penghematan karena di sinilah kebutuhan bulanan paling besar dikendalikan. Jika dapur jarang dipakai alias lebih hobi makan-makan di luar, maka pasti uang Anda akan cepat menipis. Nggak makan di kedai atau restoran tapi beli lauk pauk di luar? Sama saja! Lebih baik memasak, jauh lebih irit dan sehat. Anda harus tahu bahwa kebanyakan restoran mengambil untung sampai 30% lho, so lebih baik kontrol pengeluaran Anda dari dapur terlebih dahulu.

Loading...

3. Jangan berlangganan hal-hal yang kurang perlu

Hal yang paling sering membuat kita tergoda untuk berlangganan adalah TV dan terkadang koran. TV kabel memang lebih bagus dan banyak acaranya karena ini adalah layanan premium. Tapi konsekuensinya akan langsung memukul keuangan kita per bulan. Smartphone biasa sudah cukup untuk menonton acara-acara premium atau membaca koran, asal pastikan pilihan paket internet Anda sudah tepat dan murah. Dan disiplinlah dengan penggunaan mobile data. Misal dalam satu bulan Anda mengalokasikan 30 ribu, jika kuota itu habis jangan beli lagi sampai gajian berikutnya. Disiplin kuncinya!

4. Hunting diskon

Banyak toko waralaba atau swalayan macam Indomaret, Alfamart, atau Giant yang getol menawarkan aneka diskon menarik, khususnya di akhir pekan atau akhir bulan. Manfaatkan kesempatan ini untuk membeli barang-barang dengan harga sangat miring. Toko-toko itu punya fan page di hampir semua sosmed dan aplikasi chat untuk menginformasikan promo dan diskon terbaru mereka. Jika belum ada promo untuk barang incaran Anda, tahan dulu sampai ada promo baru pada kesempatan berikutnya atau di toko lainnya.

5. Beli celengan plastik!

Celengan plastik sangat murah, tapi manfaatnya luar biasa. Bermodal benda kecil ini, Anda bisa menghemat banyak uang. Uang receh atau lembaran lima ribuan sisa belanja atau membayar tagihan bisa langsung Anda masukkan ke dalamnya dan segera lupakan. Lambat laun hal itu akan jadi kebiasaan dan uang dalam celengan plastik bisa dipakai untuk keperluan penting Anda di masa depan.

Loading...

Komentar Anda