Inilah Tiga Manfaat Nitrogen untuk Ban Kendaraan Anda

Loading...

Nitrogen

Nitrogen kini sudah mulai marak digunakan oleh pemilik kendaraan, khususnya roda dua, karena dipercaya memiliki beberapa kelebihan dibanding angin biasa. Pentil hijau mulai banyak ditemukan di ban-ban kendaraan. SPBU, bengkel, dan tempat tambal ban juga ada yang mulai memperkenalkan nitrogen.

Tapi tak sedikit dari kita yang bingung dengan manfaat nitrogen. “Apa sih kelebihannya dibanding oksigen atau angin biasa?” Well, setidaknya tiga hal inilah jawabannya.

1. Molekul nitrogen lebih besar

Loading...

Secara kimiawi, ukuran molekul nitrogen lebih besar dari molekul oksigen atau angin biasa. Lapisan ban (tubeless atau tubetype) sebenarnya memiliki pori-pori, tapi karena itu terlalu kecil mata telanjang kita tak akan bisa melihatnya. Pori-pori tersebut bisa ditembus oksigen, tapi nitrogen akan kesulitan melewatinya. Akibatnya, tekanan angin dalam ban akan jadi jauh lebih stabil sehingga ban tidak mudah mengempis atau mengembang serta tak mudah bocor.

2. Suhu ban lebih stabil

Kelebihan kedua adalah sifat alami nitrogen yang lebih stabil suhunya dibanding oksigen. Efeknya jelas, suhu ban juga menjadi stabil dan bisa diandalkan untuk melakukan perjalanan jauh. Semakin jauh perjalanan, suhu dalam ban akan naik, tapi kenaikan itu akan terjadi lebih stabil jika nitrogen dipakai sebagai pengisinya.

3. Anti korosi dan karat

Penyebab utama korosi dan karat besi, dalam hal ini velg, adalah air. Sebagaimana dipaparkan dalam poster pengenalan gas nitrogen, oksigen mengandung air yang membuat ban dalam lembab dan berair serta mengkorosi velg. Sedangkan karena sifat alami nitrogen yang kering, gas satu ini lebih ramah pada velg dan ban dalam kendaraan.

Loading...

Komentar Anda