5 Hal Ini Sebaiknya Jangan Dibayar Pakai Kartu Kredit

Loading...

Belanja Pake Kartu Kredit

Kemudahan membayar tagihan adalah salah satu fasilitas yang ditawarkan credit card (CC) alias kartu kredit. Masyarakat urban yang tinggal di perkotaan khususnya, biasanya akan mudah tertarik untuk menggunakan kartu kredit. Apalagi kartu satu ini banyak ditawarkan di pusat-pusat perbelanjaan, terutama di toko-toko baju. Makin menggiurkan karena kartu kredit juga akan memberikan sejumlah bonus menarik bagi para pemegangnya.

Tapi tunggu dulu, tak semua tentang credit card itu indah. Justru banyak sisi negatif kartu kredit yang harus diwaspadai. Supaya Anda tak terjerat pada hutang beserta bunga yang tak perlu, jangan pernah membayar lima hal ini menggunakan kartu kredit.

1. Item-item fashion

Seperti diutarakan di atas, banyak penjaja kartu kredit yang nongkrong di pusat perbelanjaan, biasanya di konter fashion. Mereka dengan ramah akan menawarkan kartu kredit dengan persyaratan yang simpel. Nah, jangan sampai Anda tergoda menggunakan CC untuk berbelanja baju, sepatu, tas, dan sejenisnya di mal. Karena meski Anda dapat diskon, CC juga mengenakan bunga, malah bisa lebih tinggi angkanya dari diskon yang Anda dapatkan.

Loading...

2. Tagihan pulsa

Tak sedikit orang yang membeli pulsa telepon dari kartu kredit, bahkan banyak situs terkemuka yang menerima pembelian pulsa lewat CC. Meski terlihat kecil nominalnya, hal ini bisa berubah menjadi kebiasaan buruk. Efeknya jelas, di akhir bulan tagihan CC akan membengkak.

3. Gadget dan alat elektronik

Makin banyaknya tawaran smartphone atau kamera berfitur ‘wow’ membuat seseorang tergoda, padahal sejatinya ia tak punya uang. Ia pun segera melirik kartu kredit dengan keyakinan sanggup mencicil pinjaman sekaligus bunganya. Ini adalah kebiasaan super buruk. Gadget dan alat elektronik sejenisnya bukanlah kebutuhan premier dan tak seharusnya dibeli dengan cara ngutang.

4. Kebutuhan dapur

Jika Anda berbelanja kebutuhan dapur atau kebutuhan sehari-hari menggunakan kartu kredit, artinya keuangan Anda benar-benar tidak sehat. Bisa jadi penghasilan Anda kurang mencukupi untuk mengcover semua kebutuhan. Tapi dengan memakai CC, Anda justru memperburuk kesehatan keuangan. Jadi, usahakan jangan sampai hal ini terjadi.

5. Biaya pengobatan

Alih-alih menggesek kartu kredit di apotek atau rumah sakit, ada baiknya Anda mempertimbangkan BPJS, asuransi kesehatan, atau menabung secara mandiri. Biaya pengobatan memang muncul tak terduga, tapi bukan berarti Anda harus berhutang. Akan lebih bijak jika Anda menyisihkan sedikit pendapatan untuk tabungan kesehatan.

Loading...

Komentar Anda