Apa Anda Butuh Kartu Kredit? Jawab Tiga Pertanyaan Ini!

Loading...

Kartu Kredit

Kartu kredit bak pisau bermata dua, di satu sisi ia bisa membantu di saat-saat terjepit, di sisi lain ia bisa menjerumuskan kita pada hutang yang besar. Kartu kredit bukanlah sesuatu yang harus dimiliki atau dihindari, tapi dipandang dengan cara yang bijak. Berbagai kelebihan yang dimiliki kartu kredit, seperti kemudahan menarik uang, bisa pula diartikan sebagai kemudahan berhutang.

Kartu kredit memang berguna di saat kepepet, seperti membeli barang tertentu saat tak ada uang atau belum gajian. Pembayaran hutang pun bisa dicicil dalam jangka waktu tertentu, tentunya beserta bunga. Dengan sistem ini, pemilik kartu kredit menjadi terdorong untuk berbelanja.

Masalah keuangan memang masalah yang sulit, terutama jika ada godaan yang sangat menarik: kartu kredit. Bank-bank pun kian gencar menawarkan produk kartu kredit mereka pada setiap nasabah yang datang, bahkan pada mereka yang mampir untuk menarik uang di ATM.

Loading...

Nah, agar Anda tak terjerumus pada lembah hutang yang dalam, sebelum memutuskan memakai kartu kredit, jawablah tiga pertanyaan berikut ini.

1. Apakah ada uang untuk membayar hutang?

Ini adalah pertanyaan pertama dan paling penting, apa yang Anda andalkan untuk membayar hutang kartu kredit? Gaji di akhir bulan? Jika dirasa gaji bulanan Anda tidak memadai untuk mencicil kartu kredit, maka urungkan saja niat itu. Ingat, kartu kredit punya bunga yang cukup tinggi dan akan sangat membebani jika Anda tak sanggup membayar.

2. Apakah ada keperluan mendesak untuk memakai kartu kredit?

Berbagai barang yang menggoda untuk dimiliki membuat orang melirik kartu kredit. Tapi tanyakan terlebih dahulu pada diri sendiri: itu kebutuhan atau keinginan? Jika hanya sebatas keinginan, maka sebaiknya jangan gunakan kartu kredit. Jika kebutuhan, cobalah cari solusi lain selain kartu kredit.

3. Apakah tagihan kartu kredit sudah lunas?

Sebelum menggesek kartu kredit, periksa dulu apakah tagihan Anda sebelumnya sudah lunas? Jika hutang yang lama saja belum beres, sebaiknya jangan tambah hutang. Bereskan dulu tagihan kartu kredit yang lama sebelum berhutang lagi. Ingat, kartu kredit harus dianggap sebagai alat untuk mempermudah transaksi, bukan mencari pinjaman uang.

Loading...

Komentar Anda