5 Fakta Menarik Tentang Kredit Motor Atau Mobil

Loading...

Kredit Mobil

Saat ini kebutuhan akan kendaraan pribadi meningkat pesat. Untuk memiliki sebuah kendaraan, baik itu mobil atau sepeda motor, calon pembeli akan disodori dua pilihan pembayaran, yaitu cash alias tunai atau kredit alias mengangsur. Cara kedua ternyata adalah yang paling populer, terutama di kalangan masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Dengan mengangsur, mereka bisa memiliki kendaraan idaman tanpa perlu menabung lama.

Untuk membeli kendaraan kreditan, pihak finance biasanya akan memberikan syarat pembayaran down payment alias DP yang akan disusul dengan cicilan per bulan sesuai tenor atau jangka waktu pinjaman. Bagi Anda yang ingin mengajukan kredit kendaraan, berikut ada tips dan fakta yang perlu Anda baca.

1. DP Rendah Vs Cicilan Murah

Calon pembeli biasanya sedikit pusing ketika harus memilih antara DP rendah atau cicilan murah. Rumusnya sederhana; jika DP rendah, maka cicilan akan tinggi, sebaliknya, jika DP tinggi, cicilan akan rendah. Mana sebaiknya yang dipilih? Tentu ini tergantung pada kondisi keuangan masing-masing. Namun sangat disarankan Anda memilih DP tinggi. Mengapa? Sebab nantinya angsuran per bulan Anda akan lebih ringan, jadi bisa dibilang bersusah-susah di depan, santai belakangan. Tapi sekali lagi, itu semua tergantung pada kondisi finansial Anda.

Loading...

2. Pilih kendaraan sesuai kebutuhan

Seringkali orang membebani dirinya sendiri dengan mengkredit kendaraan mahal yang tak terlalu dibutuhkannya. Padahal, pilihan kendaraan haruslah sejalan dengan kebutuhan, budget untuk uang muka, serta pendapatan bulanan Anda. Jika hutang kredit sudah melebihi 30% dari pendapatan, maka pikirkan kembali keputusan Anda. Carilah kendaraan yang sesuai kondisi keuangan Anda agar tidak menderita selama mencicil nanti.

3. Tenor

Selain DP dan nominal angsuran, hal lain yang perlu diperhatikan adalah tenor alias jangka waktu pinjaman. Idealnya, semakin pendek tenor (misal setahun), maka akan semakin baik. Namun dengan tenor pendek, nominal cicilan jelas akan lebih besar. Dan jika tenornya terlalu lama, bunga yang harus dibayar juga makin besar. Lebih baik Anda perbandingkan tawaran bunga dari berbagai finance atau bank sebelum memilih tenor yang cocok.

4. Asuransi

Ada kredit kendaraan yang juga menyertakan asuransi di dalamnya. Asuransi memang menambah nominal angsuran, tapi di sisi lain juga membuat pikiran tenang. Jika terjadi apa-apa dengan kendaraan kreditan Anda (kecelakaan atau kehilangan), maka asuransi yang akan mengurus dan menanggungnya. Jangan tergoda dengan asuransi berpremi murah, namun klaimnya tidak sesuai.

5. Orang kaya juga ngredit…

Ternyata, bukan cuma orang menengah bawah yang kredit, orang kaya pun juga, termasuk dari kalangan artis yang berseliweran di televisi. Biasanya kendaraan yang mereka angsur tergolong mahal dan mewah, dan tenor angsurannya pun tak terlalu lama.

Loading...

Komentar Anda