5 Tips Jitu untuk Mengirit Konsumsi Bahan Bakar Kendaraan

Loading...

Tips Irit Bahan Bakar

Bahan bakar minyak (BBM) adalah kebutuhan mutlak bagi para pemilik kendaraan, baik itu roda dua, tiga, atau empat. Membeli BBM di SPBU atau pangkalan bensin menjadi kegiatan rutin yang dilakukan hampir setiap hari, karena itulah BBM kini mulai dianggap sebagai kebutuhan pokok. Bagi yang aktif berkendara, konsumsi BBM-nya jelas tinggi, dan hal itu berbanding lurus dengan uang yang harus dikeluarkan.

Nah, agar Anda bisa menghemat pengeluaran BBM untuk kendaraan Anda, berikut tips-tips sederhana yang wajib Anda lakukan.

1. Jangan sering ngebut

Berbagai pakar otomotif menyarankan agar Anda berkendara santai dan tidak mengebut. Tujuannya selain demi keselamatan juga untuk mengirit konsumsi BBM. Ketika Anda mengebut, penggunaan bensin secara alami juga akan meningkat untuk menghasilkan akselerasi dan kecepatan tinggi. Karena itu, perhatikan cara mengemudi Anda jika ingin irit bahan bakar.

2. Jangan pilih BBM biasa

Loading...

Pertamina membagi produk bensinnya menjadi beberapa jenis, ada yang berkualitas rendah, ada yang menengah, ada yang tinggi. Harganya sudah pasti bervariasi, dan orang yang ingin berhemat biasanya akan memilih bensin yang murah. Padahal, bensin berkualitas rendah justru boros dalam penggunaannya dan kurang bagus untuk mesin kendaraan. Jika tak percaya, bandingkan sendiri performa kendaraan Anda ketika memakai Pertamax dengan Premium

3. Kalau berhenti lama, matikan mesin

Sekilas terlihat simpel, tapi kenyataannya sering lupa kita lakukan. Jika kendaraan harus berhenti selama lebih dari satu menit, matikan mesin untuk menghemat bensin. Mobil keluaran baru tak butuh waktu lama untuk memanaskan mesin, dan motor matic terbaru juga punya sistem idling stop yang akan mematikan mesin secara otomatis ketika kendaraan berhenti selama beberapa detik, seperti ketika berhenti di lampu merah, dan akan menyala dengan sekali gas.

4. Mengisi BBM di pagi hari

Percaya nggak percaya, mengisi BBM di pagi hari ternyata bisa mengirit bensin. Pasalnya, ruang penyimpanan BBM SPBU ada di bawah tanah, dan ketika tanah semakin dingin, maka bensin akan makin padat dan kental. Sebaliknya, jika suhu panas, bensin cenderung mengembang. Dengan mengisi bensin di subuh atau pagi buta, maka bensin tidak akan menguap.

5. Jangan tunggu sampai tangki kosong

Banyak orang menyarankan isi bensin ketika tangki masih setengah penuh. Mengapa? Karena makin banyak bensin di dalam tangki, makin sedikit udara yang berada di bagian tangki yang kosong. Hal ini bisa mencegah penguapan BBM secara sia-sia dan penghematan pun bisa dilakukan!

Loading...

Komentar Anda