Hal-hal Seru Seputar Mobil Sejuta Umat, Toyota Avanza

Loading...

Gambar Mobil Avanza

Konon Toyota Avanza adalah mobil tercepat di jalan raya yang tak mungkin disalip Ferrari sekali pun. Bagaimana tidak, ketika Anda berhasil menyalip satu Avanza, maka akan ada Avanza lagi di depan Anda. Anda menyalipnya lagi, maka Avanza lain sudah ada di depan lagi! Tentu saja lelucon ini dibuat untuk menggambarkan betapa populernya Avanza di jalan raya. Banyak orang sangat menyukai mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) satu ini.

Meski memakai embel-embel Toyota, Avanza sebenarnya adalah saudara kembar Daihatsu Xenia. Keduanya menjadi mobil terpopuler di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Walau kondisi ekonomi kita naik turun, penjualan dua mobil ini justru cenderung meningkat.

Dan meski ada jutaan pemilik Avanza di luar sana, mungkin hanya sedikit yang tahu fakta-fakta menarik tentang mobil satu ini.

Loading...

1. Asal usul nama Avanza

Nama Avanza tidak dibuat sembarangan, melainkan diambil dari kata dalam bahasa Romawi kuno, yaitu Avanzato, yang artinya sepadan dengan “canggih,” “maju,” atau “lanjut.”

Sedangkan nama Xenia diambil dari bahasa Yunani, yaitu Xenos, yang berarti “orang asing” atau “tamu.” Untuk produk-produk Toyota lainnya, nama dari bahasa Sansekerta diadopsi, yaitu untuk mobil Calya dan Sigra.

2. Avanza adalah produksi Daihatsu

Mungkin fakta ini akan membuat banyak orang heran. Bagaimana mungkin Avanza yang jelas-jelas menyandang nama Toyota di depannya justru diproduksi Daihatsu? MPV satu ini memang didesain oleh Daihatsu dan dipasarkan oleh Toyota.

Tak cuma Avanza, ada produk-produk mobil lain yang juga merupakan hasil kolaborasi Daihatsu-Toyota, yaitu Rush, Agya, serta Calya. Kerjasama dua perusahaan besar ini bukan hal yang aneh, melainkan strategi khusus di mana kedua perusahaan otomotif itu berbagi tugas dengan jelas.

3. Mobil sejuta umat

Tak salah bila julukan itu dilekatkan pada Avanza, sebab mobil satu ini memang dikendarai oleh lebih dari satu juta orang. Terhitung sejak April 2015 saja, Avanza sudah laku terjual hingga lebih dari 1,3 juta unit, dan jumlah itu terus naik setiap saat. Apa Anda juga tertarik memiliki Avanza?

Loading...

Komentar Anda