5 Manfaat dan Kelebihan Memelihara Kucing di Rumah

Loading...

Kucing Lucu

Selain anjing, kucing juga merupakan sahabat kita. Kucing begitu lucu dan manja serta cocok bersama anak-anak. Tak heran mamalia satu ini menjadi peliharaan favorit di banyak rumah. Sebenarnya, ada manfaat dan kelebihan memelihara kucing di rumah, menurut berbagai studi. Studi-studi tersebut mencatat sejumlah manfaat kesehatan dan psikologis yang didapatkan para pemilik kucing.

Berikut lima manfaatnya sebagaimana dilansir Huffington Post.

1. Pengaruh bulu

Bulu kucing ternyata punya manfaat kesehatan, terutama jika kita rajin menyentuhnya. Kelembutan bulu kucing saat disentuh dianggap mampu menurunkan tekanan darah dan stres. Saat tidur, getaran tubuh kucing berkisar antara 20-140 Hertz. Menurut Scientific American, getaran semacam ini punya khasiat meredakan berbagai penyakit.

Loading...

2. Menyehatkan jantung

Menurut hasil penelitian University of Minnesota’s Stroke Institute pada tahun 2008, memelihara kucing ternyata mampu menurunkan resiko terkena serangan jantung.

3. Mengatasi stres dan depresi

Seperti bayi, saat aktif kucing juga bisa memamerkan banyak tingkah lucu dan tak terduga, terutama karena hewan satu ini sangat suka bermain. Tak jarang hal tersebut membuat orang yang melihatnya tersenyum dan tertawa. Studi mencatat orang yang menonton tingkah pola kucing selama kurang lebih 20 menit akan turun tingkat kortisolnya sehingga stresnya pun reda.

4. Berpikir Positif

Jika hidup Anda terasa berat karena banyaknya pikiran negatif, maka peliharalah kucing. Penelitian Cats Protection menunjukkan 87 persen dari para pemilik kucing mengklaim bahwa kondisi kesehatan mental mereka menjadi lebih baik karena dipenuhi pikiran positif.

5. Bantu anak autism

Anak autis cenderung sulit berkomunikasi dengan sekelilingnya, karena itulah ia butuh hewan peliharaan sebagai alat terapi. Hal tersebut dikemukakan dalam sebuah studi dari Perancis. Dan kucing adalah pilihan yang tepat karena hewan ini punya perilaku baik dan tidak agresif.

Loading...

Komentar Anda