Inilah 4 Artis Korea yang Sukses Mendirikan Label Sendiri

Loading...

Artis Korea K-Pop

Sukses di industri K-Pop bukanlah hal yang mudah. Sejak menjadi trainee sampai artis, para entertainer Korea digenjot bakat dan energinya dengan setumpuk jadwal yang harus mereka lakoni. Dan hal itu sudah berlangsung selama bertahun-tahun semenjak mereka debut. Kini di saat popularitas sudah ada di puncak, keempat artis top ini memutuskan untuk keluar dari agensi mereka sebelumnya dan membentuk agensi atau label rekaman mereka sendiri.

Tren ini memang marak dan sudah diawali oleh sejumlah aktor top Korea, sebut saja Bae Yong-joon dengan KeyEast dan Lee Byung-hun dengan BH Entertainment. Sejumlah artis K-Pop pun akhirnya terinspirasi untuk mendirikan label sendiri dan menantang dominasi SM, YG, dan JYP Entertainment.

Nah, siapa saja superstar K-Pop yang berani terjun ke bisnis manajemen artis dan label rekaman ini?

1. Jay Park

Jay Park

Penyanyi penuh tato ini dulu merupakan bagian dari grup idol macho, 2PM, namun ia dikeluarkan karena beragam kontroversi yang ia timbulkan. Jay Park tidak ingin meredup begitu saja, ia lantas menggagas sebuah ide untuk mendirikan label rekamannya sendiri. Menggandeng rekan sesama rappernya, Simon D, Jay Park pun mendirikan label independen AOMG pada 2013 lalu. AOMG merupakan singkatan dari Above Ordinary Music Group On My Grind.

2. Kang Gary

Loading...

Kang Gary

Kang Gary barangkali lebih dikenal sebagai pemain Running Man, tapi semua orang juga tahu bahwa ia adalah seorang rapper berbakat dan penuh gairah. Gary juga pernah menjadi anggota Dynamic Duo bersama rekannya, Gil Seong-joon, yang berada di bawah bendera agensi yang sama. Tapi kini Gary mantap membuka labelnya sendiri yang ia beri nama LeeSsang Company.

3. Rain

Rain

Tak ada orang Korea yang tak kenal Rain, sosok aktor dan penyanyi yang sangat dominan dan berpengaruh di Asia. Dengan popularitas yang menggunung itu, bukan hal aneh bila Rain juga tertarik untuk mendirikan agensi sendiri. Dan keinginannya itu terwujud di tahun 2007 dengan mendirikan J Tunes Entertainment. Saat itu, Rain memutuskan keluar dari JYP Entertainment, namun ia tetap berteman baik dengan mentor sekaligus trainernya dari JYP, Park Jin-young.

4. Andy Shinhwa

Andy Shinhwa

Di tahun 2007, Andy Shinhwa mendirikan New Dream Entertainment setelah ia hengkang dari SM Entertainment. Agensi ini awalnya hanya memayungi rekan-rekan Andy di Shinhwa, namun seiring perkembangannya, sejumlah artis lain bergabung hingga namanya pun berubah menjadi TOP Media. Label ini melahirkan duo pop Jumper yang berumur pendek, dan kini TOP Media sudah mendebutkan Teen Top, 100%, dan UP10TION.

Loading...

Komentar Anda