4 Tips Cerdas Membeli Laptop Bekas Secara Online

Loading...

Lepi Bekas

Membeli barang elektronik bekas sudah lumrah dilakukan di zaman sekarang. Bahkan situs-situs jual beli barang bekas pun kian menjamur, mulai dari OLX, Bukalapak, sampai grup-grup jual beli di Facebook. Membeli laptop atau netbook bekas adalah pilihan menarik bagi Anda yang punya budget terbatas.

Di tengah harga laptop yang cukup mahal, laptop bekas yang harganya jauh lebih miring jelas jadi incaran, apalagi jika spesifikasinya mumpuni dan kondisinya OK. Dan membeli laptop secara online di internet kini kian ngetren.

Tapi yang perlu diingat, jangan gegabah dalam membeli peralatan elektronik second, terutama laptop. Ada beberapa tips penting supaya Anda tak ditipu penjual. Simak yuk…

1. Cek harga dan spek

Sebelum memutuskan membeli lepi bekas, periksa dulu berapa harga baru dan harga bekasnya. Ada banyak situs yang memberi informasi tentang harga laptop bekas yang terupdate. Periksa pula spesifikasinya, apakah sesuai dengan yang ditulis penjual di deskripsi dagangannya. Apabila ada kejanggalan, jangan buru-buru pergi ke lapak lain. Tanyakan terlebih dahulu pada penjualnya. Jangan lupa untuk menanyakan hal-hal penting lain, seperti lama penggunaan dan minus-minusnya jika ada.

Loading...

2. Cek reputasi penjual

Di beberapa situs, grup, atau aplikasi jual beli online, biasanya ada fitur reputasi yang menunjukkan seberapa baik reputasi si penjual. Semakin tinggi angkanya, semakin terpercaya penjual itu. Di lapak penjual biasanya juga ada fitur rating, ulasan dari pembeli dan calon pembeli, serta chat. Jika ingin menemukan penjual yang jujur dan terpercaya, pelajari semua informasi tentangnya. Carilah pula penjual yang responsif dalam menjawab setiap pertanyaan calon pembeli.

3. COD dan Rekber

Karena di internet kita tak bisa bertatap muka langsung dengan penjual atau melihat langsung barang dagangannya, maka segalanya tetap harus dilakukan dengan hati-hati. Setelah menemukan barang yang Anda cari, ajaklah si penjual untuk ketemuan alias COD (cash on delivery) jika tempat tinggal si penjual tidak jauh dari rumah Anda.

Saat COD, Anda bisa memeriksa sepuasnya barang incaran Anda, melakukan pembayaran langsung, atau bahkan membatalkan jika Anda merasa barang tersebut tak sesuai dengan yang diiklankan. Jika tak mungkin melakukan COD, pembayaran bisa dilakukan lewat rekber alias rekening bersama yang pastinya jauh lebih aman daripada transfer langsung.

4. Pengecekan barang kembali

Sebelum deal transaksi atau sebelum barang dibawa ke rumah, mintalah garansi dari penjual, sebab Anda harus melakukan pengecekan kembali laptop Anda di rumah, mulai dari hardware sampai software. Dikhawatirkan ada kerusakan yang tak Anda ketahui saat transaksi, baik itu dari segi fisik maupun fitur yang tidak berfungsi normal.

Loading...

Komentar Anda