10 Fakta Korea Utara yang Bakal Bikin Kita Heran

Loading...

Korea Utara

Korea Utara kini dianggap sebagai salah satu negara calon pencetus Perang Dunia III. Negeri pimpinan Kim Jong-un ini berkali-kali membikin geram negara-negara tetangga sekaligus Amerika Serikat dengan berbagai percobaan senjata nuklirnya. Korea Utara dengan segala keunikannya tak pernah lepas dari sorotan masyarakat dunia. Dan inilah sepuluh fakta seputar Korea Utara yang bakal bikin kita terheran-heran.

1. Hanya pejabat pemerintahan dan militer di Korut yang boleh memiliki kendaraan bermotor.

2. Kim Jong-il, putra pendiri Korut, digembar-gemborkan media punya skill luar biasa, seperti mampu menyarangkan skor sempurna 300 di hari pertamanya bermain bowling dan mampu memasukkan bola 11 kali di hari pertamanya bermain golf.

3. Pendiri sekaligus presiden pertama Korut, Kim Il-sung, membuat kebijakan “kemandirian” yang pada dasarnya memutus hubungan Korut secara ekonomi dan diplomatik dari negara-negara lain bahkan dalam situasi genting seperti mewabahnya kelaparan.

Loading...

4. Wilayah perbatasan Korut dan Korsel adalah perbatasan paling ketat di dunia. Pyongyang punya 1,2 juta tentara, sedangkan Seoul ‘hanya’ 680 ribu tentara. Di perbatasan itu, sekitar 28 ribu tentara Amerika juga berjaga. Dua negara Korea ini sama-sama punya tentara cadangan dari warga sipil, masing-masing sebesar enam juta di Korut dan tiga juta di Korsel.

5. Semua televisi resmi diubah menjadi siaran domestik yang dikontrol pusat.

6. Internet hanya bisa diakses oleh jaringan domestik terbatas, sedangkan jaringan seluler 3G hanya diperuntukkan bagi orang asing.

7. Hanya sedikit warga Korut yang tahu tentang kejadian-kejadian di dunia selain berita propaganda yang dijejalkan pemerintah pada warganya.

8. Di Korut, ada sekitar 150 sampai 200 ribu kamp tahanan yang dikelilingi pagar listrik. 40% tahanan tewas karena malnutrisi saat dipekerjakan di berbagai aktivitas berat seperti pertambangan, penebangan, dan pertanian dengan alat seadanya dan kondisi yang keras.

9. Hampir semua properti di Korut dimiliki negara. Sistem yudisial independen tidak ada, demikian pula dengan kebebasan beragama.

10. Rezim Korut banyak mendapatkan pemasukan dari ekspor narkotika, obat-obatan palsu, rokok palsu, dan bahkan uang dolar palsu ke berbagai negara. Mereka juga menjual senjata kecil dan bagian misil ke kelompok-kelompok teroris di negara-negara yang sedang bertikai.

Loading...

Komentar Anda