6 Idol K-Pop yang Berlatih Setidaknya 10 Tahun Sebelum Debut

Loading...

Idol Korea

Sebelum meroket sebagai idol, para calon artis muda Korea akan digembleng terlebih dahulu dalam sistem trainee yang panjang, ketat, dan melelahkan. Bahkan ada beberapa idol yang dilatih sampai sekitar 10 tahun sebelum benar-benar diberi kesempatan untuk menghibur publik. Para idol harus berlatih sebagai trainee di perusahaan hiburan masing-masing untuk waktu yang tak ditentukan, bisa beberapa bulan atau beberapa tahun. Ini menunjukkan bahwa K-Pop bukanlah panggung untuk para artis instan dan karbitan yang melejit lewat sensasi belaka.

Nah, inilah para idol yang sudah 10 tahun berlatih sebelum berkiprah di ranah K-Pop.

1. Jihyo TWICE

Jihyo TWICE

Jihyo TWICE menghabiskan waktu 10 tahun untuk berlatih sebelum menjadi member TWICE dan ia bahkan berlatih bareng Suzy miss A. Karena Jihyo sudah berlatih di bawah JYP Entertainment sejak belia, ia bisa debut di usia fresh, 19 tahun.

2. Jiwon Spica

Jiwon Spica

Jiwon berlatih di bawah agensinya total selama 10 tahun sebelum debut. Ia awalnya akan didebutkan dalam grup bernama Five Girls bersama Hyosung Secret, Yubin Wonder Girls, G.NA, dan UEE After School. Namun karena agensi mengalami masalah keuangan, grup itu bubar dan para idol pergi ke berbagai agensi. Jiwon sendiri bergabung dengan B2M Entertainment dan debut bersama Spica.

3. G-Dragon BIGBANG

Loading...

G-Dragon BIGBANG

G-Dragon berlatih sampai 11 tahun sebelum menjadi leader BIGBANG. Saat masih kecil, ia berlatih di SM Entertainment selama lima tahun dan berpindah agensi ke YG Entertainment, di mana ia menghabiskan enam tahun lagi untuk meningkatkan skillnya.

4. Yeo Eun Melody Day

Yeo Eun Melody Day

Yeo Eun sudah mulai berlatih sejak ia duduk di bangku SMA. Ia punya impian besar untuk menjadi seorang penyanyi dan ia terus berlatih di agensinya selama total 10 tahun sebelum akhirnya diplot menjadi salah satu member Melody Day.

5. G-Soul

G-Soul

G-Soul adalah artis yang paling lama berlatih di JYP Entertainment. Ia telah berlatih selama 15 tahun sebelum akhirnya didebutkan pada 2015 dengan album full-length. Penyanyi berbakat ini dulunya adalah rekan trainee Min miss A dan Sunye Wonder Girls.

6. Siyeon Pristin

Siyeon Pristin

Siyeon adalah idol yang baru saja didebutkan bareng para idol baru di Pristin. Ia debut sebagai anggota Pristin di tahun 2016 setelah sembilan tahun menjadi trainee di agensinya. Ia menjadi idol yang sangat populer berkat keikutsertaannya di acara Produce 101 Season 1.

Loading...

Komentar Anda