20 Fakta Seru Seputar Junk Food yang Wajib Kalian Tahu

Loading...

Makanan Cepat Saji

Junk food dalam bentuk makanan cepat saji semakin banyak dijumpai di kota-kota besar, bahkan sudah mulai masuk ke desa-desa. Makanan semacam ini sangat digemari karena selain praktis, penyajiannya cepat dan rasanya begitu nikmat. Tak heran junk food begitu populer di seluruh dunia. Tapi banyak yang tak sadar bahwa junk food sebenarnya tak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Well, mau tahu aneka fakta seru tentang junk food? Berikut ulasannya.

1. Setiap tahun, orang Amerika memakan 13 miliar hamburger, yang jika dijajar panjangnya cukup untuk mengitari bumi sebanyak 32 kali.

2. Menurut sebuah studi, orang berpenghasilan rendah lebih cenderung memakan junk food ketimbang orang berpenghasilan tinggi.

3. Memakan junk food bisa mengubah aktivitas otak dalam cara yang sama seperti obat-obatan adiktif, misalnya kokain dan heroin.

4. Di Jepang, belut dan cumi-cumi biasa digunakan sebagai topping pizza.

5. Setiap tahun, sebanyak satu miliar pizza dikonsumsi orang Amerika, dan pizza terbanyak akan dikonsumsi di hari Super Bowl Sunday.

6. Makan makanan cepat saji secara teratur memiliki dampak seburuk hepatitis pada hati. Kentang goreng, ayam goreng, dan onion ring juga sangat berbahaya.

7. Lemak dari junk food bisa memicu otak untuk menginginkan makanan serupa lagi, dan efek itu bisa bertahan selama beberapa hari.

Loading...

8. Daging ayam bukanlah bahan utama pembuatan nugget ayam, melainkan lemak, epitel, tulang, dan jaringan saraf dan ikat ayam.

9. Wanita yang sedang hamil dan memakan junk food akan meningkatkan kecenderungan anak mengonsumsi makanan yang sama tak sehatnya ketika besar nanti.

10. Pizza Hut menggunakan lebih dari 300 juta pon keju setiap tahunnya.

11. Jumlah botol dari Nutella yang terjual dalam setahun bisa menutup Tembok Besar China sebanyak delapan kali.

12. French fries tidak berasal dari Perancis, melainkan dibuat di Belgia pada tahun 1876. Kata ‘French’ mendeskripsikan cara kentang itu dibelah sebelum dimasak.

13. Istilah “junk food” pertama kali digunakan di tahun 60-an, tapi kemudian dipopulerkan di dekade berikutnya melalui lagu “Junk Food Junkie” yang menduduki puncak chart musik di tahun 1976.

14. Rata-rata orang Amerika memakan 4 pon (1,8 kg) potato chips setiap tahunnya.

15. Dibanding pria, wanita cenderung suka memisahkan Oreo menjadi dua sebelum memakannya.

16. Meski makan es krim adalah cara yang nikmat untuk mendinginkan tubuh, kandungan lemak tinggi dalam makanan lezat ini sebenarnya justru menghangatkan tubuh.

17. Dibutuhkan 10.000 pon kentang untuk membuat 2.500 pon potato chips.

18. Sebanyak 450 miliar Oreo sudah terjual di seluruh dunia sejak tahun 1912. Jika dijajar, Oreo sebanyak itu cukup untuk mencapai bulan dan kembali ke bumi sebanyak lima kali.

19. Orang Amerika mengonsumsi 20 miliar hot dog setahun, dengan rata-rata 70 hot dog per orang dalam setahun.

20. Bahan aditif dan pengawet seperti pewarna makanan biasa dan sodium benzoate dapat menyebabkan anak menjadi lebih hiperaktif dan lebih mudah terganggu daripada biasanya.

Loading...

Komentar Anda