3 Artis K-Pop yang Pernah Merilis Album USB Selain G-Dragon

Loading...

GD

G-Dragon menarik banyak perhatian pecinta K-Pop karena merilis album self-titled terbarunya dalam format USB yang tidak biasa, bukan dalam bentuk CD seperti biasanya. Banyak orang yang percaya bahwa G-Dragon adalah artis Korea pertama yang merilis album USB meski dia tidak pernah membenarkan hal itu. Faktanya, sebelum personel BIGBANG itu merilis album USB, ada beberapa musisi Korea lain yang sudah melakukannya.

Album USB G-Dragon
Album USB G-Dragon

Artis Korea pertama yang merilis album dalam format USB adalah penyanyi rock-balada veteran, Kim Jang-hoon. Dia merilis album studio ke-10, Adieu, dalam format USB pada tahun 2012, membuatnya menjadi artis Korea pertama yang merilis album USB.

Adieu
Album USB Kim Jang-hoon

Lalu pada tahun 2014, boyband GOT7 merilis versi edisi spesial dari album pertama mereka dalam format USB. USB lucu tersebut bahkan dibentuk sesuai penampilan para anggota grup, membuatnya menjadi koleksi yang menarik bagi para penggemar.

Loading...

GOT7

GOT7 1
Album USB GOT7

Terakhir, pada bulan Februari 2017 lalu, aktor dan penyanyi Lee Seung-gi merilis sebuah album antologi khusus yang menampilkan lagu-lagu terbaiknya dalam format USB.

Lee Seung-gi
Album USB Lee Seung-gi

Meski merilis album USB kurang lazim, ada artis Korea lainnya yang telah merilis album dalam format USB di masa lalu. So, G-Dragon bukanlah orang yang pertama.

Loading...

Komentar Anda