Inilah 10 Jenis Buaya Terbesar yang Masih Eksis di Dunia

Loading...

Buaya Terbesar

Tidaklah mengherankan bila manusia takut dengan buaya. Buaya adalah predator reptil yang telah ada selama 83,5 juta tahun lamanya. Mereka juga merupakan salah satu pemakan manusia terbesar di dunia, dan buaya air asin serta buaya Nil tercatat sebagai pembunuh manusia paling mengerikan sepanjang sejarah. Dalam artikel kali ini, kami akan mengupas sepuluh spesies buaya terbesar yang masih eksis sampai saat ini. Berikut ulasannya.

10. Buaya moncong ramping

Buaya moncong ramping

Buaya moncong ramping dewasa biasanya berukuran antara 3,3 meter dan berat sekitar 205 kg. Meski mereka umumnya makan ikan, ular, dan amfibi, mereka memiliki gigi yang sangat tajam dan dikenal oportunistik serta memiliki reputasi agresif di antara beberapa suku Afrika.

9. Tomistoma

Tomistoma

Tomistoma tumbuh rata-rata mencapai 4 meter dengan berat 210 kg. Ukuran buaya betina umumnya jauh lebih kecil daripada jantan, namun seekor tomistoma betina berukuran 4 meter dilaporkan pernah membunuh dan memakan seorang nelayan di Kalimantan pada tahun 2008.

8. Buaya mugger

Loading...

Buaya Mugger

Buaya mugger tumbuh rata-rata sepanjang 3,3 meter dan berat rata-rata 225 kg. Buaya mugger lebih suka berburu dengan penyergapan. Mereka akan bersembunyi di air keruh dan menunggu mangsa mendekat sebelum menerkam korbannya lalu menyeretnya ke bawah air sampai mati tenggelam. Buaya mugger juga dikenal mampu berburu di darat. Mereka bersembunyi di dekat jalan hutan.

7. Aligator Amerika

Aligator Amerika

Aligator Amerika rata-rata memiliki panjang 3,4 meter dan beratnya 240 kg, meskipun ada individu terbesar yang ukurannya mencapai 5,3 meter. Aligator Amerika memiliki salah satu gigitan terkuat di dunia hewan, kekuatannya diukur pada skala 9.452 newton. Meski gigitannya kuat, buaya ini memiliki otot yang sangat lemah untuk membuka rahangnya, dan rahangnya bisa ditutup dengan tangan.

6. Gharial

Gharial

Dengan panjang rata-rata 4,5 meter, dan beberapa ekor bisa mencapai 6,25 meter, gharial adalah salah satu buaya terpanjang, namun beratnya rata-rata hanya 250 kg. Mereka juga merupakan salah satu spesies buaya yang paling terancam punah. Diperkirakan hanya ada kurang dari 235 ekor yang tersisa di alam liar.
next

Loading...

Komentar Anda