Cara Agar Instagram Ramai dan Follower Cepat Bertambah

Loading...

IG

Jika Anda memasarkan bisnis atau usaha Anda di Instagram, misalnya membuka online shop, Anda mungkin pernah menyadari bahwa terkadang platform jejaring sosial satu ini bisa membuat frustrasi, terutama jika Anda sedang berusaha keras untuk mengembangkan atau meningkatkan jumlah follower, meningkatkan interaksi audiens, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan.

Dan sukses di Instagram memang tidak selalu mudah karena algoritma feed terbaru mereka juga mengurangi tingkat interaksi secara keseluruhan pada kebanyakan akun bisnis.

Tapi jangan kawatir, kami akan membagikan tujuh cara yang masih bisa Anda lakukan untuk meramaikan Instagram Anda.

Berikut ulasannya.

1. Riset dan uji hashtag Anda

Hashtag adalah salah satu cara utama agar konten atau postingan (gambar/video) Anda ditemukan orang di Instagram. Semakin banyak orang yang melihat postingan Anda, maka peluang interaksi pengguna di postingan Anda akan semakin meningkat.

Instagram saat ini mengizinkan 30 hashtag per posting, dan kami sarankan Anda menggunakan semuanya. Ada beberapa cara untuk meneliti hashtag, mulai dari melihat apa yang digunakan para pesaing, melihat apa yang sedang ngetren menggunakan layanan seperti hashtagify.me dan bahkan di dalam aplikasi Instagram itu sendiri.

Untuk meneliti hashtag terpopuler di Instagram, cukup cari hashtag di bagian atas halaman (kolom pencarian). Anda kemudian akan mendapatkan saran yang terkait dengan hashtag dalam kategori itu.

Anda bisa mencoba setiap hashtag dan memilih yang paling sesuai dengan konten Anda. Kami juga menyarankan agar satu sampai tiga hashtag Anda terkait langsung dengan visual atau konten yang Anda poskan. Misalnya, jika Anda mengupload foto kopi pagi Anda, pastikan #kopi adalah salah satu hashtag yang Anda pakai.

Anda juga harus menggunakan campuran antara hashtag yang punya popularitas tinggi dan popularitas rendah. Buatlah beberapa rangkaian hashtag untuk digunakan sehingga Anda bisa melakukan pengujian untuk mencari tahu mana yang paling sesuai dan relevan untuk konten Anda.

2. Jadilah user yang aktif

Instagram

Menjadi user yang aktif di Instagram adalah cara tepat lainnya untuk membantu meningkatkan interaksi Anda di platform itu. Pada dasarnya, Anda harus melakukan interaksi yang sama tingkatnya dengan yang Anda cari.

Rajinlah membuka Instagram lalu berikan komentar dan suka di beberapa postingan di komunitas Anda dan biarkan orang lain tahu bahwa Anda ada dan aktif. Luangkan waktu sekitar satu jam atau lebih untuk menciptakan interaksi dan feedback yang alami. Terkadang, Anda harus menjadi yang pertama untuk memberikan apa yang sedang Anda cari.

3. Balut gambar dengan cerita yang menarik

Sangat disarankan untuk memasang gambar relevan yang mencolok di postingan Instagram Anda. Visual yang menarik selalu bisa mencuri perhatian, tapi hal lain yang sama pentingnya adalah menciptakan caption yang catchy untuk menemani gambar itu.

Anda harus menciptakan emosi untuk menarik audiens Anda, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui kata-kata Anda.

Teks panjang terbukti memiliki hasil paling baik. Ceritakan pengalaman Anda, tulis masalah yang Anda temukan untuk mencari solusi, dan hubungkan dengan realita dan masalah yang dihadapi audiens dengan menawarkan solusi atau pencerahan pada mereka.

Anda bisa menarik lebih banyak orang kepada Anda dengan memberikan solusi. Kata-kata mutiara yang inspiratif juga bisa Anda coba.

Loading...

4. Cari waktu yang tepat untuk posting

Terkadang orang bertanya-tanya, apakah pemasaran termasuk ilmu pengetahuan atau seni, dan rupanya pemasaran termasuk ke dalam keduanya.

Anda tidak bisa mengerjakan segala jenis pemasaran secara efektif tanpa mempelajari dan menganalisanya. Anda perlu mengetahui bagaimana audiens Anda berperilaku agar bisa menjangkau dan melayani mereka dengan lebih baik. Karena itu, jika Anda belum beralih ke profil bisnis Instagram maka Anda harus melakukannya sekarang.

Anda akan mendapatkan cuplikan atau snapshot demografi audiens Anda dan kapan mereka paling aktif di Instagram. Informasi ini akan memberikan gambaran pada Anda tentang kapan waktu yang tepat untuk memposting sehingga Anda bisa mendapatkan jangkauan maksimal dari konten Anda.

Menurut beberapa ahli Instagram, akhir pekan biasanya paling ramai, tapi itu bisa saja berbeda dengan pola perilaku audiens Anda. Yang pasti tengah malam sampai dini hari adalah waktu yang harus Anda hindari untuk memposting sesuatu.

5. Ajak orang berinteraksi

Instagram2

Terkadang untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan Anda harus memintanya. Maka jangan ragu untuk melakukan ajakan di setiap postingan, entah itu berupa pertanyaan di caption atau gambar dan mintalah mereka untuk memberi komentar, like, atau membuka halaman profil Anda.

Anda tentu ingin agar konten Anda bisa mendorong orang melakukan interaksi, tidak hanya discroll ke bawah dan terlewatkan. Sesekali buatlah kontes berhadiah agar Instagram Anda semakin ramai.

Kiat bonus: Cobalah untuk memastikan ajakan interaksi Anda terlihat sejak awal dalam caption Anda, karena Instagram menyembunyikan beberapa teks saat konten ditampilkan di newfeed.

6. Cross Promoting

Cara yang baik untuk mendapatkan lebih banyak interaksi adalah dengan mempromosikan silang konten Anda di profil media sosial Anda yang lain.

Misalnya, bila Anda suka berbagi foto dan video di Twitter, maka cantumkan pula link profil Instagram Anda karena ini terkadang dapat mengundang orang-orang yang memfollow Anda di Twitter untuk ikut memfollow Anda di Instagram dan memberi mereka kesempatan untuk berinteraksi dengan konten yang Anda posting.

7. Iklan Instagram

Tidak begitu banyak artikel yang membahas cara untuk meningkatkan interaksi Instagram dengan menggunakan jasa iklan Instagram.

Seperti halnya perusahaan manapun, tujuan Instagram adalah memonetisasi produknya. Mereka telah melakukannya dengan menciptakan Iklan Instagram dan mengubah algoritma mereka untuk menunjang layanan produk itu.

Beberapa agensi marketing bisa membantu Anda untuk menumbuhkan audiens melalui penggunaan iklan Instagram dan penargetan strategis. Mereka akan mencari cara yang tepat untuk memastikan bahwa produk Anda bisa dilihat oleh orang yang tepat dan dengan biaya yang minimal.

Sebelum mulai membuat iklan, Anda harus menentukan dengan jelas siapa audiens Anda, tempat mereka berada, apa minat mereka, dan lain-lain. Ini akan memastikan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang setara dengan uang yang sudah Anda keluarkan untuk beriklan.

Itulah beberapa saran untuk meningkatkan jumlah follower Anda di Instagram. Ketujuh cara di atas benar-beanr praktis dan tak membutuhkan skill khusus untuk diterapkan. Anda hanya butuh semangat, konsistensi, dan kesabaran sampai jumlah follower Anda meningkat menjadi ribuan bahkan ratusan ribu.

Nikmati saja prosesnya, sebab tidak ada cara mudah yang aman untuk menggenjot jumlah follower Instagram. Jika Anda bisa mencari pengikut dengan cara yang natural, maka interaksi yang terjadi kemungkinan menjadi lebih besar karena orang-orang yang memutuskan untuk memfollow Anda adalah mereka yang benar-benar suka dan butuh dengan konten Anda.

Sekali lagi, konten yang berkualitas, hashtag yang tepat, serta timing posting yang tepat adalah kunci utama kesuksesan Anda di Instagram.

Loading...

Komentar Anda