13 Alasan Kenapa Drama Korea Disukai di Seluruh Dunia

Loading...

Drama Korea

Jika kalian ragu untuk nonton serial drama Korea, maka kalian harus tahu bahwa drama Korea mempunyai banyak kelebihan dan keunikan dibanding tayangan sejenis dari negara lain. Drama Korea telah mengubah industri hiburan Asia dan menjadi acara favorit jutaan pemirsa layar kaca. Jika dulu K-Drama hanya disukai masyarakat Asia, kini orang dari berbagai belahan dunia pun mulai menonton dan membicarakannya. Apa sebenarnya yang menjadi daya tarik drama Korea?

Berikut adalah 13 kelebihan yang membuat K-Drama bisa mengguncang dunia!

1. Variatif

Tema drama Korea begitu variatif, satu drama pasti berbeda dengan drama lainnya. Terkadang ada cerita yang mirip, tapi situasi dan cara penggambarannya berbeda. Contohnya adalah drama The Legend of the Blue Sea dan Goblin yang punya beberapa kemiripan elemen cerita, namun kedua drama fantasi ini punya plot yang berbeda.

Inilah kelebihan drama Korea dibanding drama lain, misalnya drama Mandarin yang cenderung sama plotnya dan hanya berkutat pada tema yang itu-itu saja. Variasi dalam drama Korea, mulai dari rom-com, fiksi ilmiah, fantasi, horor, action, dan sebagainya adalah alasan utama kenapa acara dari Negeri Ginseng ini digemari orang.

2. Keunikan

K-Drama punya plot dan karakter yang unik. Sutradara dan penulis skenario bekerja keras untuk menghadirkan sesuatu yang baru dengan konsep-konsep yang menarik, contohnya drama W – Two Worlds, di mana secara logika drama ini tak masuk akal, tapi begitu disajikan dalam cerita kita akan dibuat terpaku. Soal kepribadian karakter, K-Drama cenderung menyukai karakter yang berkepribadian sedikit aneh untuk menambah bumbu dan kedalaman cerita.

W TWO WORLDS

3. Soundtrack

Hal menarik lainnya dari K-Drama adalah lagu-lagunya yang menjadi latar belakang. Meski orang mungkin tak mengerti bahasa Korea, lagu-lagu balada maupun upbeat yang menjadi soundtrack akan membuat penonton semakin tertarik dan mengingatnya untuk jangka waktu yang lama.

4. Cinta segitiga/segiempat

Gaya penceritaan cinta segitiga atau segiempat ala Korea tidak membosankan dan terkadang begitu lucu. Kisah-kisah romantis semacam ini, yang melibatkan tiga sampai empat karakter utama, digarap sedemikian rupa hingga menjadi unik dan berbeda dengan yang lain.

5. Noona Love

Yang seru lainnya adalah melihat seorang wanita mencintai pria yang lebih muda darinya. Noona Love pun tercipta! Di dunia nyata, Noona Love juga cukup sering terjadi, di mana orang sudah tak lagi mempersoalkan umur dalam menjalin hubungan asmara, meski tak selalu dalam bentuk pacaran.

6. Tegang sampai akhir

Bahkan meski kalian bukan fans K-Drama, kalian akan dibuat tegang dengan keseruan ceritanya sampai episode akhir. Ini berlaku tidak hanya di drama thriller-action saja, tapi bahkan drama kolosal dan rom-com pun punya tensi tersendiri!

Loading...

7. Adegan/drama kolosal

Kisah-kisah masa lalu adalah elemen penting dalam K-drama. Ada drama yang memang secara keseluruhan bertema kolosal, ada drama yang memadukan cerita kontemporer dengan kolosal. Dalam drama yang disebut kedua, kita bisa melihat cerita di masa sekarang yang kemudian akan dikaitkan dengan kisah di masa lalu atau di masa kerajaan.

Kita diajak menikmati kekayaan budaya Korea di masa lalu, tidak hanya tentang perang atau intrik kerajaan, tapi juga kehidupan masayarakat zaman dulu, kostum dan budaya tradisional, mitos, dan hal-hal seru lainnya.

Ku Hye sun

8. Fantasi

Adegan-adegan fantasi di drama Korea tak dikerjakan secara sembarangan seperti sinetron-sinetron murahan. Di sana, kru special effects dipekerjakan untuk memberikan efek-efek digital yang memukau layaknya film-film Hollywood. Penonton akan dibuat terperangah dengan adegan-adegan keren itu.

9. Popularitas internasional

Seperti yang disinggung di atas, drama Korea sudah populer di berbagai tempat, termasuk di negara-negara Barat dan Amerika Latin. Di forum-forum online kita bisa mengenali para pecandu K-Drama dari berbagai negara, yang menyatakan kecintaan mereka pada K-Drama dalam bahasa masing-masing. Mereka bahkan punya forum dan fandom sendiri-sendiri lho.

10. Si cantik dan si ganteng

Yang ini semua pasti sudah tahu. Drama Korea dibanjiri oleh para artis rupawan yang kecantikan atau ketampanannya sudah ada di level tertinggi. Kalian boleh saja membenci drama Korea, tapi kalian akan susah untuk tidak menyukai para artis cakep dari drama Korea.

11. Roman

Romansa ala Korea begitu khas. Terkadang ringan, tapi akan menukik menjadi melodramatis dan beruraian airmata. Sineas tidak mempertontonkan adegan-adegan fisik yang intim selain ciuman dan pelukan, tapi itu tak mengurangi keindahan roman Korea.

Drama

12. Tren

Beberapa drama dikenal karena melahirkan tren baru, baik dari segi kultur atau fashion. Coffee Prince misalnya, yang telah menginspirasi banyak orang untuk membuka kedai kopi cozy ala Korea. Atau kita lihat sosok Cheon Song-yi dari My Love from the Star. Setiap dandanan atau kostum yang dia pakai di drama itu dalam waktu sekejap akan segera ditiru orang, diproduksi, lalu dijual dan laku keras!

13. Hemat waktu

Jika dibandingkan film, jelas drama Korea lebih panjang karena ini notabene adalah serial atau sinetron televisi. Tapi jika dibandingkan serial TV Amerika yang panjang dan terdiri atas beberapa season/musim, maka K-Drama akan terlihat lebih ringkas dan hemat waktu. Kita bisa marathon menghabiskan 10-20 episode K-Drama dalam waktu satu atau tiga hari dan berpindah ke drama baru lainnya. Tak perlu menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk nonton seluruh ceritanya!

Loading...

Komentar Anda