6 Masalah Smartphone yang Konon Akan Diatasi Pixel 2

Loading...

Sebuah billboard di kota Boston memberi pengumuman bahwa Google secara resmi akan menggelar event Pixel 2 pada tanggal 4 Oktober 2017. Mereka juga memasang laman khusus dan merilis video teaser untuk acara tersebut. Google dikenal suka memberikan isyarat-isyarat tentang produk terbaru mereka serta membuat video teaser yang penuh dengan hal menarik.

Penampakan Pixel 2

Video teaser Pixel 2 menampilkan banyak pertanyaan yang dimasukkan ke dalam bilah penelusuran Google. Menurut pengamat, ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab Google dengan ponsel pintar Pixel 2. Jadi mari kita lihat masalah apa saja yang bisa diatasi Pixel 2 nanti.

1. Apa yang salah dengan baterai telepon saya?

Masa pakai baterai selalu menjadi masalah. Sepertinya tidak ada orang yang benar-benar puas dengan umur baterai ponsel mereka. Yang menyedihkan adalah produsen smartphone sepertinya tidak peduli hal itu. Kita telah melihat ponsel pintar yang tak terhitung jumlahnya hanya diberi baterai yang lebih kecil dari waktu ke waktu. Anda memang bisa menemukan beberapa perangkat dengan baterai besar, namun biasanya ponsel itu bukan ponsel unggulan. Ini adalah masalah yang jelas perlu diperbaiki.

Ukuran baterai adalah sesuatu yang belum kita ketahui, namun perangkat lunak adalah hal lain yang juga berperan dalam masa pakai baterai. Android Oreo memiliki fitur yang disebut “Vitals” yang digadang-gadang dapat meningkatkan masa pakai dan stabilitas baterai. Fitur ini membatasi aktivitas latar belakang aplikasi yang jarang digunakan sehingga tidak akan menyedot baterai. Ini kemungkinan akan menjadi fokus besar bagi Pixel 2.

2. Mengapa ponsel saya selalu kehabisan memori penyimpanan?

Yang ini nampak cukup jelas. Tahun lalu, Google memberi backup foto dan video tak terbatas dengan Google Photos untuk para pengguna Pixel. Dan fasilitas ini bukanlah sekedar backup biasa yang bisa digunakan oleh semua orang. Pengguna Pixel dapat menyimpan foto dan video beresolusi penuh. Setiap foto atau video yang diunggah langsung dari telepon tidak akan menghabiskan ruang penyimpanan Anda.

Google pasti akan menyertakan fitur yang sama pada Pixel 2. Jujur saja, ini adalah salah satu fitur terbaik dari ponsel Pixel. Semua foto dan video Anda disimpan secara otomatis dalam resolusi penuh. Anda tidak perlu memikirkan berapa banyak ruang yang tersisa di telepon Anda.

3. Mengapa ponsel saya memfoto begitu banyak foto buram?

Kamera adalah fokus besar pada Pixel orisinal dan masih bertahan sampai sekarang. Pixel adalah ponsel kamera dengan rating tertinggi di DxOMark. Apple mengumumkan sekumpulan fitur kamera baru di iPhone X, jadi Google harus menyiapkan strategi mereka lagi untuk tetap berada di puncak.

Loading...

Belum ada banyak rumor tentang kamera Pixel 2. Satu rumor menyatakan bahwa Pixel 2 tidak akan memiliki dual-kamera seperti kebanyakan smartphone high-end lainnya saat ini. Yang bisa kita asumsikan adalah kamera akan menjadi fokus besar dan akan ditingkatkan dengan cara tertentu. Google jelas sangat memperhatikan aspek foto (karena Google Photos), jadi wajar saja mereka akan melengkapi Pixel berikutnya dengan kamera yang lebih bagus

4. Mengapa ponsel saya tidak mengerti saya?

Pixel 2

Yang ini sedikit lebih abstrak. “Mengapa ponsel saya tidak mengerti saya?” Bisa berarti beberapa hal. Ini mungkin ada hubungannya dengan Google Assistant, tapi tidak hanya dalam artian bahwa fitur ini bisa mengerti suara Anda. Google Assistant pandai memahami apa yang Anda maksudkan bahkan saat Anda tidak menggunakan frase atau kalimat yang tepat. Anda bisa berbicara dengan Asisten secara lebih alami daripada asisten virtual lainnya.

Pertanyaan ini juga bisa berhubungan dengan personalisasi. Mengapa ponsel Anda tidak tahu apa yang Anda inginkan sebelum Anda memerlukannya? Mengapa ponsel Anda tidak mengerti apa yang Anda sukai? Hal-hal seperti itulah yang akan dijawab Pixel 2. Mungkinkah Pixel 2 memiliki tingkat personalisasi Android lebih canggih?

5. Mengapa ponsel saya tidak bisa mengupdate sendiri?

Yang ini mungkin ada hubungannya dengan Project Treble. Ini adalah perubahan besar pada fondasi Android. Ini adalah arsitektur modular yang membantu pabrikan untuk menyampaikan pembaruan perangkat lunak dengan lebih mudah dan lebih cepat. Untuk Pixel 2, ini bukan masalah besar. Google sendiri mampu mengendalikan pembaruan. Tapi sekarang Google bisa dengan mudah mengupdate bagian-bagian tertentu dari ponsel.

Google telah lama membangun sistem ini. Mereka memasang aplikasi sistem di Play Store agar mudah diupdate dan mudah-mudahan Project Treble dapat melakukan hal yang serupa untuk OS Android. “Mengupdate sendiri” juga bisa berarti ponsel bisa melakukan update tanpa Anda sadari.

6. Mengapa smartphone saya jadi lambat/panas/rapuh/dan lain-lain?

Baris terakhir dalam video teaser menunjukkan banyak hal yang berbeda. Sejumlah kegelisahan mengarah pada pertanyaan “mengapa smartphone saya lambat?” dan “mengapa smartphone saya rusak?” Dalam hal kecepatan, Pixel 2 dikabarkan akan memasang prosesor Snapdragon 835 dan RAM 4GB. Setiap ponsel dengan konfigurasi seperti itu pasti cepat.

Bagian “rusak” lebih menarik. Mungkinkah Pixel 2 terbuat dari bahan yang lebih tahan banting? Ini mungkin artinya mereka akan menggunakan Gorilla Glass 5 dan mendapat penilaian IP68. Tak satu pun dari rumor yang ada sejauh ini yang menyatakan bahwa Pixel 2 akan memiliki semacam bodi yang tahan banting, tapi jika iya, maka itu akan sangat keren.

Loading...

Komentar Anda