10 Fakta Menarik Tentang Band Hard Rock Van Halen

Loading...

Van Halen adalah band hard rock Amerika yang lahir di Pasadena, California, pada tahun 1972. Band ini digawangi David Lee Roth sebagai vokalis, Eddie Van Halen sebagai gitaris, Alex Van Halen sebagai drummer, dan Michael Anthony sebagai basis. Lineup ini bertahan dari tahun 1974 sampai tahun 1985. Van Halen mencapai puncak ketenaran pada awal 1980-an ketika mereka menjadi salah satu band rock paling sukses kala itu.

Van Halen

Berikut fakta-fakta yang perlu Anda tahu seputar Van Halen.

1. Kakak beradik Van Halen, Alex dan Eddie, lahir di Belanda, masing-masing di kota Amsterdam dan Nijmegen. Ayah mereka adalah seorang musisi, Jan Van Halen.

2. Sebelum bersatu dalam Van Halen, Alex dan Eddie membentuk band The Broken Combs di awal 1970-an. Lalu pada tahun 1972 mereka membentuk band Genesis dan mengajak David Lee Roth menjadi vokalis utama meski dia gagal di audisi (mereka biasa menyewa sound system dari Roth, jadi untuk mengirit pengeluaran mereka ‘terpaksa’ mengajak serta Roth). Band ini berganti nama menjadi Mammoth sebelum kemudian resmi menjadi Van Halen pada tahun 1974.

3. Van Halen adalah satu dari lima band rock yang dua album studionya laku lebih dari 10 juta kopi di Amerika Serikat.

4. Selain dikenal karena lagu-lagu hits dan aksi panggungnya yang cadas, Van Halen juga terkenal karena drama keluarnya para personil kuncinya, antara lain Roth, Hagar, dan Anthony.

5. Di tahun 2007, Van Halen masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame, sedangkan VH1 merangking mereka di urutan ketujuh dalam daftar 100 artis hard rock terbaik sepanjang masa.

Loading...

Van Halen 2

6. 1984 adalah album tersukses Van Halen. Single utama, “Jump,” dengan cepat menjadi lagu populer di seluruh dunia sekaligus menjadi satu-satunya lagu Van Halen yang bisa memuncaki Billboard Hot 100.

7. Pada tahun 1985, perubahan frontal terjadi di tubuh Van Halen, di mana sang vokalis utama David Lee Roth keluar dan digantikan mantan vokalis Montrose, Sammy Hagar. Hagar sendiri kemudian keluar pada tahun 1996 dan posisinya digantikan mantan frontman Extreme, Gary Cherone. Tapi Cherone pun akhirnya keluar pada tahun 1999.

8. Di tahun 2003, Hagar kembali ke Van Halen untuk menyelenggarakan tur dunia. Saat itu pula band ini merilis album greatest hits kedua yang bertajuk The Best of Both Worlds. Materi album ini berisi lagu-lagu dari era Roth dan Hagar dan tidak mencantumkan lagu-lagu dari era Cherone.

9. Hagar kembali meninggalkan Van Halen di tahun 2005 dan setahun kemudian Roth balik ke grup untuk mengikuti tur terlaris mereka tahun itu. Michael Anthony tidak diajak serta dalam tur itu dan akhirnya dia dipecat. Posisinya diisi putra Eddie, Wolfgang Van Halen.

10. Setelah merilis album yang sangat laris, A Different Kind of Truth, di tahun 2012, RIAA menempatkan Van Halen di urutan ke-19 dalam daftar artis/band paling laris dalam sejarah Amerika Serikat dengan torehan penjualan album mencapai 56 juta kopi di seluruh AS. Secara keseluruhan, Van Halen sudah menjual lebih dari 80 juta album.

Loading...

Komentar Anda