5 Alasan untuk Mencintai Para Leader K-Pop

Loading...

Di dunia fandom K-Pop, maknae alias member termuda biasanya yang paling sering dibicarakan daripada leader. Maknae dianggap lebih cakep, cute, menarik, dan lain sebagainya, sedangkan leader walau punya kualitas yang sama biasanya tak terlalu sering dibicarakan. Padahal sebuah grup butuh seorang pemimpin yang bisa menjadi pengayom dan penyeimbang. Tanpa leader, sebuah grup pasti akan timpang dalam perjalanannya.

Leader K-Pop

Nah, setidaknya ada lima alasan kenapa kalian juga harus mulai menyukai para leader.

1. Keibuan

Yang dimaksud di sini adalah perhatian leader kepada para anggotanya, mulai dari urusan makan, tidur, latihan, dan sebagainya. Leader bagaikan seorang ibu yang diberi tanggungjawab besar untuk memimpin para anggotanya. Jika suatu hal buruk menimpa grup, maka leader yang pertama kali harus maju ke depan.

2. Jubir grup

Leader juga punya tanggungjawab lain sebagai juru bicara grup dalam situasi apapun. Mereka harus punya skill komunikasi massa yang baik. Ketika ada rumor miring, leader harus bisa menjelaskan situasi dan sikap grup/agensi. Demikian pula ketika ada konflik internal. Mereka harus penuh kehati-hatian saat berbicara.

Loading...

3. Bijak

Leader

Di Korea, jika kamu sudah berumur, maka kamu diharapkan bisa jadi lebih bijaksana. Jadi tak heran di sebagian besar grup leader biasanya adalah member tertua karena dia dianggap sudah lebih dewasa dan matang dibanding ‘adik-adiknya.’ Kebijaksanaan mereka akan membantu grup tetap berada dalam jalur yang benar, tapi itu bukan berarti leader harus selalu kaku.

4. Kepemimpinan

Yang satu ini jelas harus dimiliki oleh seorang member. Mereka harus bisa ‘menertibkan’ para member, mengkondisikan para member dengan berbagai jadwal padat, mulai dari syuting MV, syuting acara TV, manggung, pemotretan, dan sebagainya. Mereka harus kenal dengan kebiasaan semua member. Ini tak mudah, terutama bila grup mereka berukuran besar.

5. Teladan

Leader harus bisa menjadi teladan bagi member lain, jadi seluruh tingkah laku mereka harus benar-benar dijaga. Mereka akan menjadi role model bagi setiap member, memberi contoh nyata tentang kerja keras, dedikasi, loyalitas, dan kedewasaan. Beberapa dari mereka juga harus bisa mengurus member dari luar negeri yang jauh dari keluarganya dan berbeda kultur.

Itulah beberapa alasan kenapa kita semua mesti respect dengan para leader boyband/girlband K-Pop. Nah, leader favorit kalian siapa nih?

Loading...

Komentar Anda