Koleksi Fakta Unik Dave Grohl, Frontman Foo Fighters

Loading...

David Eric Grohl adalah musisi rock asal Amerika yang juga merupakan seorang gitaris, penyanyi, drummer, penulis lagu, produser rekaman, serta sutradara film. Pria kelahiran Warren, Ohio, 14 Januari 1969 ini dulunya dikenal sebagai drummer band grunge legendaris, Nirvana. Setelah Nirvana bubar sepeninggal Kurt Cobain, Grohl membentuk band rock baru, Foo Fighters, pada tahun 1994. Di band ini, dia berposisi sebagai vokalis, gitaris rhythm dan lead, serta penulis lagu utama.

Grohl

Fakta-fakta tentang Dave Grohl.

# Proyek musik Grohl cukup banyak. Dia ikut mendirikan dan menjadi drummer supergrup rock yang juga didirikan oleh John Paul Jones (eks member Led Zeppelin) yang berposisi sebagai basis dan keyboardis serta Josh Homme (dari Queens of the Stone Age, Eagles of Death Metal, dan eks Kyuss) sebagai gitaris dan vokalis.

# George Harrison adalah personel The Beatles yang paling difavoritkan Grohl; karena itulah dia menciptakan lagu “Oh, George” pada tahun 1994 untuk menghormatinya.

# Grohl menulis dan memainkan semua instrumen untuk album debut self-titled Foo Fighters yang dirilis pada tahun 1995 (kecuali lagu “X-Static” yang gitarnya dimainkan Greg Dulli).

Loading...

Grohl2

# Selama tur dengan Nirvana sebagai drummer, Grohl selalu membawa gitar dan menulis lagu. Tapi dia tidak pede untuk menunjukkan lagu-lagunya ke band karena skill dan karisma kuat sang frontman, Kurt Cobain. Grohl pun memilih menyimpan lagu-lagu ciptaannya itu untuk dirinya sendiri.

# Saat bersama Nirvana, Grohl sering menyewa studio untuk merekam demo dan cover dari lagu-lagu yang disukainya dan bahkan merilis kaset berisi lagu-lagu tersebut yang berjudul Pocketwatch dengan nama samaran Late! pada tahun 1992.

# Lagu-lagu debut Foo Fighters pernah coba dilatih di awal 1994 sebagai calon lagu Nirvana, di mana Grohl memainkan gitar dan Kurt Cobain memainkan drum.

# Grohl sangat dikenal di industri musik karena skillnya dalam memainkan banyak instrumen serta kepribadiannya yang humoris dan menyenangkan.

# Di tahun 2012 silam, dia disebut sebagai drummer terkaya ketiga di dunia setelah Ringo Starr dan Phil Collins.

# Kota asal Grohl, Warren di Ohio, membangun patung stik drum raksasa dengan berat 409 kg untuk menghormatinya pada tahun 2012. Patung tersebut masuk dalam Guinness World Record.

Loading...

Komentar Anda