13 Penyanyi Solo K-Pop Terbaik dari YG Entertainment

Loading...

Salah satu perusahaan raksasa di dunia hiburan Korea, YG Entertainment, telah melahirkan banyak sekali bintang besar sejak didirikan pada tahun 1996 silam oleh Yang Hyun-suk. YG beroperasi sebagai agensi bakat, label rekaman, perusahaan produksi musik, dan lainnya. YG adalah tempat bernaung sederet boyband dan girlband papan atas seperti BIGBANG, 2NE1 (bubar), Winner, iKON, dan BLACKPINK. Tapi selain itu, YG juga menjadi agen bagi sejumlah penyanyi solo yang rata-rata didebutkan dari grup idol mereka.

Inilah 13 penyanyi solo K-Pop yang berada di bawah naungan YG Entertainment saat ini.

1. PSY

Foto Terbaru Psy

Bukan hanya K-Pop, seluruh dunia juga tahu siapa dia. PSY adalah penyanyi yang mendunia berkat single “Gangnam Style” yang sudah ditonton sebanyak 3,3 miliar kali di YouTube. Kesuksesan itu membuat pria bernama asli Park Jae-sang yang lahir pada 31 Desember 1977 ini dijuluki sebagai Raja YouTube.

2. Taeyang

Foto Terbaru Taeyang

Dong Young-bae alias Taeyang adalah vokalis BIGBANG bersuara bagus. Dia dijuluki sebagai Pangeran R&B dan disebut sebagai salah satu penyanyi pria terbaik di Korea Selatan. Taeyang debut sebagai solois pada tahun 2008 dengan sebuah EP berjudul Hot yang mendapat pujian luas.

3. Daesung

Foto Terbaru Daesung

Member BIGBANG berikutnya yang bersolo karir adalah Daesung yang di Jepang dikenal dengan nama D-Lite. Dia debut di Korea Selatan pada tahun 2008 dengan mengusung single trot “Look at Me, Gwisoon.” Album solo perdananya, D’scover, dirilis di Jepang pada tahun 2013, yang disusul dengan album-album lainnya.

4. G-Dragon

Foto Terbaru G-Dragon

Sang leader BIGBANG, G-Dragon, juga tak mau kalah dengan Taeyang dan Daesung. Penyanyi dan pencipta lagu jenius ini merilis album solo Heartbreaker pada tahun 2009 yang akhirnya dinobatkan sebagai Album Terbaik 2009 di ajang MAMA. G-Dragon adalah sosok idol paling berpengaruh di generasinya.

5. T.O.P

Foto Terbaru TOP

Choi Seung-hyun alias T.O.P adalah rapper utama BIGBANG. Dia pernah berkolaborasi dengan G-Dragon untuk merilis album GD & TOP pada tahun 2010. Lalu sebagai rapper dia terjun solo dengan rilisan dua single digital berjudul “Turn It Up” (2010) dan “Doom Dada” (2013) yang sukses di chart digital Gaon

6. Seungri

Foto Terbaru Seungri

Maknae BIGBANG, Seungri, tak mau ketinggalan dari para hyungnya. Dia merilis EP perdananya, V.V.I.P, pada tahun 2011 dan debut di puncak chart album Gaon. Di luar karir musiknya, Seungri juga berprofesi sebagai aktor dan pengusaha yang memiliki banyak bisnis dan kekayaan melimpah.

Loading...

7. Sandara Park

Foto Terbaru Dara

Mantan visual 2NE1, Sandara Park, dijuluki sebagai “BoA-nya Filipina” oleh fans Koreanya karena dia punya popularitas besar di Korea dan Filipina. Bertahun-tahun menjalani karir bersama 2NE1, Dara tak melupakan karir solonya. Dia menyanyikan OST, single, kolaborasi, dan bahkan bermain drama.

8. Tablo

Foto Terbaru Tablo

Daniel Armand Lee alias Tablo bukanlah orang baru di kancah musik hip hop. Rapper satu ini dikenal luas sebagai leader dan produser dari grup hip hop legendaris Korea, Epik High. Tablo menjadi pemimpin sub-label independen, HIGHGRND, yang dibentuk Yang Hyun-suk di bawah payung YG Entertainment.

9. Lee Hi

Foto Terbaru Lee Hi

Lee Ha-yi atau Lee Hi adalah solois wanita yang terkenal karena menjadi runner up K-pop Star Season 1. Single pertamanya, “1, 2, 3, 4,” dirilis pada 28 Oktober 2012 dan mencetak angka penjualan yang mengagumkan. Dia lalu melempar album full-length pertamanya dalam dua bagian, First Love, pada tahun 2013.

10. CL

Foto Terbaru CL

Lee Chae-rin alias CL adalah member kunci alias leader 2NE1 yang berlatih bersama JYP Entertainment sebelum bergabung dengan YG Entertainment. Masa kecilnya dihabiskan di Perancis dan Jepang dan dia mengikuti audisi YG di usia 15 tahun. Single solo pertamanya, “The Baddest Female,” dirilis pada tanggal 28 Mei 2013.

11. Kang Seung-yoon

Foto Terbaru Kang Seung-yoon

Seungyoon adalah leader boyband Winner yang juga berkarir sebagai penulis lagu, produser rekaman, sekaligus aktor. Pada pertengahan tahun 2013, Yang Hyun-suk mengumumkan Seungyoon akan debut sebagai artis solo dengan single “Wild and Young.” Sebuah single di mini album perdananya, “It Rains,” meraih status All-Kill.

12. ONE

Foto Terbaru ONE

Jung Jae-won alias ONE adalah rapper, penyanyi, dan penulis lagu yang debut di tahun 2015 sebagai member duo hip hop 1Punch bersama Kim Samuel, tapi dia kemudian hijrah ke YG Entertainment setelah grup itu bubar. Bersama YG, ONE merilis single album bertajuk One Day pada pertengahan 2017.

13. Bobby

Foto Terbaru Bobby

Kim Ji-won alias Bobby adalah rapper boyband iKON. Dia merupakan kontestan termuda yang pernah menjuarai kontes rap televisi, Show Me the Money. Bobby dan rekannya, Mino, membentuk duo MOBB pada September 2016. Bobby merilis album studio full-length perdananya, Love and Fall, pada tanggal 14 September 2017.

Loading...

Komentar Anda