Siapa yang Punya Rapper Terbaik, EXO atau BTS?


Ada satu pertanyaan yang menggoda di sebuah forum K-Pop, siapa yang punya rapper terbaik di antara EXO dan BTS? Pertanyaan seperti ini cenderung memancing fanwar, tapi tak ada salahnya kita sedikit mengupasnya secara objektif. Line rap BTS terdiri atas RM, Suga, dan J-Hope, sedangkan line rap EXO dihuni Chanyeol, Sehun, dan Kai. Mereka semua adalah sosok idol hebat dan berbakat.

Namjoon, Suga, J-Hope
BTS

EXO berasal dari SM Entertainment, sebuah perusahaan yang sebagian besar fokus pada vokal, sementara BTS awalnya adalah grup berkonsep hip hop. Dari fakta ini saja kita bisa menebak siapa yang dilatih rap lebih banyak. Yang harus dicatat, Chanyeol mengikuti audisi SM Entertainment sebagai penyanyi, sedangkan Sehun dan Kai mengikuti audisi sebagai penyanyi dan dancer.

Dua dari tiga anggota rap line BTS adalah bagian dari dunia rap underground. Mereka terkenal karena skill rapnya. Di samping itu, ketiga anggota rap line BTS punya karir solo yang cemerlang.

Chanyeol, Sehun, Kai
EXO

Sebagai mantan rapper underground profesional, RM, Suga, dan J-Hope telah menjalani pelatihan dan pendidikan intens dalam kultur rap. Mereka telah terbang ke Amerika Serikat untuk mempelajari asal usulnya, mereka berkolaborasi dengan rapper kenamaan seperti WALE, dan mereka sangat menghormati kultur hip hop.

EXO tidak melakukan itu semua. Rapper mereka tidak dilatih secara intensif dan hanya menghuni posisi itu untuk merapalkan sedikit bagian dari lagu. Lagu-lagu EXO kebanyakan fokus pada vokal, bukan rap. Sementara lagu-lagu BTS mengandung banyak elemen hip hop dan rap.

Baca Juga:  10 Fakta Drama Korea Time (2018) - Seohyun, Kim Jung-hyun

Tanpa merendahkan EXO, harus diakui bahwa line rap BTS punya teknik dan flow yang lebih baik ketimbang line rap EXO. Namun meski begitu line rap EXO telah berhasil meningkatkan kemampuan mereka meski mereka awalnya tak ingin 100% menjadi rapper.

Dua grup ini punya style individual yang berbeda. EXO lebih fokus pada vokal dibanding rap dan BTS sebaliknya. Hal ini seharusnya tidak perlu memancing keributan di antara dua fandom, ARMY dan EXO-L. Dan terlebih lagi ini sebenarnya juga hanya soal selera saja.

Komentar Anda