Tips Merawat Lidah Mertua Agar Awet Sampai Bertahun-tahun

Loading...

Lidah mertua adalah tanaman hias yang sangat populer di dunia. Meskipun tanaman ini mudah dirawat dan tak mudah mati, tak ada salahnya Anda mempelajari sifat dasar serta kebutuhan dasarnya. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara merawat tanaman lidah mertua agar bisa hidup sampai bertahun-tahun, baca baik-baik beberapa saran bermanfaat ini.

Lidah Mertua

Sinar matahari

Seperti yang telah disebutkan di atas, lidah mertua adalah tanaman yang sangat kuat dan amat mudah dirawat. Bahkan meski diabaikan pemiliknya tanaman ini akan tetap bertahan. Meskipun mereka dapat menahan sinar matahari penuh dan bisa pula hidup di tempat minim cahaya, terpaan sinar matahari tak langsung (dalam naungan) sebenarnya sangat ideal untuk tanaman ular ini.

Air

Lidah mertua dapat dengan mudah membusuk, jadi pastikan tanahnya selalu kering dan jangan menyiramnya terlalu banyak (terutama di musim penghujan). Biarkan tanahnya mengering di antara waktu penyiraman. Karena mereka berasal dari gurun kering, tanaman ini tumbuh dengan baik di tanah yang agak berpasir.

Suhu

Loading...

Lidah Mertua Tanaman Kuat

Kondisi suhu mulai dari 13 – 30 derajat Celcius baik untuk sansevieria, namun mereka lebih suka suhu yang lebih panas. Suhu di bawah 10 derajat Celcius dapat menyebabkan kerusakan pada mereka.

Toksisitas

Meskipun tingkat toksisitasnya rendah, lidah mertua paling aman dijauhkan dari hewan peliharaan. Tanaman ini dapat menyebabkan air liur berlebihan, nyeri, mual, muntah, dan diare pada mereka. Mengetahui sifat toksisitas tanaman ini dapat membantu Anda menghindari hal-hal yang tak diinginkan sembari tetap menikmati keindahan si hijau panjang ini.

Hama dan masalah lainnya

Meskipun mudah tumbuh, masih ada beberapa masalah yang mungkin Anda temui. Kelebihan air dan paparan udara dingin adalah penyebab utamanya. Tanaman-tanaman keras ini jarang diserang serangga, namun mereka bisa diserang kutu putih dan tungau laba-laba.

Ketika hama-hama ini menghisap getah dari dedaunan, mereka akan menimbulkan luka kecil dan merusak daun. Anda bisa mengusir kutu putih dengan alkohol sebagai metode kontrol. Tungau laba-laba dapat dihilangkan dengan mencuci daun dan meningkatkan kelembaban di sekitar tanaman.

Sansevieria benar-benar tanaman yang paling mudah untuk dirawat, menjadikan mereka pilihan yang sempurna untuk gardener pemula atau sebagai tanaman pertama di sebuah rumah.

Loading...

Komentar Anda