Inilah 7 MV K-Pop Terpopuler 2018 Versi YouTube Rewind


Di akhir tahun YouTube melalui channel YouTube Rewind memamerkan berbagai video terpopuler di sepanjang tahun 2018, termasuk video musik (MV) K-Pop! Tahun 2018 takkan terlupakan bagi para K-Poppers karena di tahun ini boyband dan girlband papan atas berlomba merebut view dan like di YouTube melalui MV terbaru mereka.

YouTube membuat daftar MV terpopuler ini berdasarkan jumlah dan durasi view. Tak hanya itu, YouTube juga mempertimbangkan jumlah share, like, dan komentar untuk menentukan tingkat popularitas sebuah video. Dan inilah tujuh MV K-Pop terpopuler di sepanjang tahun 2018.

1. iKon – “Love Scenario”

iKon - “Love Scenario”

iKON kembali meroketkan ketenaran mereka melalui lagu populer “Love Scenario” yang merupakan lagu utama dari album studio kedua mereka, Return. MV yang disyuting dengan teknik motion control camera ini meraih 100 juta view pada bulan Juni 2018 dan 200 juta view pada akhir Oktober 2018.

2. BLACKPINK – “Ddu-Du Ddu-Du”

BLACKPINK - “Ddu-Du Ddu-Du”

Rekan seagensi iKON, BLACKPINK, sukses besar tahun ini meski hanya merilis beberapa gelintir lagu. Single “Ddu-Du Ddu-Du” berhasil mendunia dan memuncaki chart di berbagai negara. Ini merupakan lead single dari EP debut Korea mereka yang bertajuk Square Up. “Ddu-Du Ddu-Du” memecahkan banyak rekor, salah satunya menjadi video musik yang paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam setelah rilis. Jumlah view MV ini di akhir tahun sudah lebih dari setengah miliar.

3. Momoland – “Bboom Bboom”

Momoland - “Bboom Bboom”

Momoland tak mau ketinggalan. Lewat lagu “Bboom Bboom” dari EP ketiga mereka, Great!, mereka berhasil menjadi salah satu girlband paling populer di tahun ini. Di bulan September 2018, lagu ini meraih lebih dari 250 juta view di YouTube. Dengan jumlah streaming mencapai 100 juta, “Bboom Bboom” pun menjadi lagu girlband pertama yang meraih sertifikasi Platinum dari Gaon Music Chart.

4. TWICE – “What Is Love?”

TWICE - “What Is Love”

TWICE tetap digdaya dengan lagu-lagu terbaru mereka. Girlband andalan JYP Entertainment ini merilis “What Is Love?” dari EP kelima mereka yang juga berjudul sama. Di video klipnya, para member tampil sebagai karakter dalam berbagai film terkenal. “What Is Love?” juga debut dengan memuncaki chart Digital Chart Gaon dan Kpop Hot 100 dari Billboard Korea. Hingga pertengahan Desember 2018, MV catchy ini sudah mengumpulkan nyaris 230 juta view.

5. BTS – “Fake Love”

BTS - “Fake Love”

Seperti biasa, BTS juga tak ketinggalan untuk meramaikan persaingan MV di YouTube. Single utama dari album studio ketiga Love Yourself: Tear ini mencetak rekor dengan debut di peringkat ke-10 di Billboard Hot 100 AS dengan 29 ribu penjualan digital. Dalam waktu 24 jam setelah dirilis, “Fake Love” mengumpulkan 35,9 juta view mengalahkan rekor BTS sebelumnya. Rekor jumlah like pun dicatatkan setelah dalam waktu 24 jam MV ini mendapatkan 3,9 juta like.

6. Red Velvet – “Bad Boy”

Red Velvet - “Bad Boy”

Andalan baru SM Entertainment, Red Velvet, merilis single keren “Bad Boy” sebagai single dari The Perfect Red Velvet yang merupakan album reissue dari Perfect Velvet. Lagu R&B berelemen hip hop dan synth melody dengan suara bas kuat ini sudah ditonton sebanyak 170 juta kali. “Bad Boy” menduduki peringkat pertama dalam Weekly Download Chart Gaon dan Digital Chart Gaon serta menempati peringkat kedua di chart World Digital Songs Billboard.

7. TWICE – “Dance the Night Away”

TWICE - “Dance the Night Away”

TWICE mengukuhkan dominasi mereka lewat single “Dance the Night Away” yang dirilis di bulan Juli 2018 sebagai single kedua mereka di tahun ini. Lagu ini diciptakan oleh beberapa produser musik dan liriknya ditulis oleh penyanyi kenamaan, Wheesung. Video klipnya difilmkan di pantai Okinawa. “Dance the Night Away” mampu memuncaki chart Gaon dan Kpop Hot 100 serta menjadi runner up di chart World Digital Songs Billboard. Jumlah viewnya mendekati 140 juta.

Komentar Anda