Benarkah Shah Rukh Khan Aktor Terkaya Sedunia? Cek Faktanya


Dikenal sebagai bintang papan atas Bollywood yang dipuja di berbagai belahan dunia, Shah Rukh Khan merupakan seorang superstar global. Soal kekayaan, bintang film Kuch Kuch Hota Hai ini sering disebut sebagai aktor terkaya di dunia. Benarkah demikian? Simak penelusurannya.

Fakta kekayaan Shah Rukh Khan

Foto SRK

Faktanya, Shah Rukh Khan bukanlah aktor terkaya di dunia. Komedian Amerika, Jerry Seinfeld, adalah aktor terkaya di dunia. SRK dilaporkan memiliki total kekayaan 700 juta dolar AS pada 2018. Jerry Seinfeld dilaporkan memiliki total kekayaan 850 juta dolar AS dalam laporan pajaknya tahun 2017.

Jerry Seinfeld
Jerry Seinfeld

Shah Rukh Khan adalah yang terkaya kedua. Ini diakumulasikan dari semua kekayaan bersihnya yang telah dia kumpulkan sejak awal karirnya 25 tahun yang lalu.

Robert Downey Jr. dalam beberapa tahun terakhir menjadi aktor berpenghasilan tinggi. Dia melewati masa kelam penyalahgunaan narkoba dan alkohol selama bertahun-tahun dan menghabiskan banyak waktu di rehabilitasi. Dia akhirnya mulai menghasilkan banyak uang dan menimbun kekayaan.

Selain itu, Downey hanya membuat dan merilis tujuh film Avengers/Iron Man sejak dia membintangi franchise itu pada tahun 2008. Sebelum itu, dia adalah aktor aktif, tetapi bukan seorang superstar. Dia baru jadi superstar ketika Iron Man pertama dirilis di tahun 2008.

Robert Downey Jr.
Robert Downey Jr.

Shah Rukh Khan telah menjadi superstar sejak pertama kali memulai karir filmnya dengan merilis film hit terkenal, Deewana, pada tahun 1992. Dia tidak pernah berhenti untuk terus melangkah ke depan. Dia juga tidak pernah berurusan dengan masalah pribadi seperti obat-obatan dan alkohol, sehingga dia bisa bekerja lebih efektif di sepanjang karirnya. Ditambah lagi dia telah membuat lebih dari 80 film, banyak di antaranya adalah film hit blockbuster.

Sumber terpercaya seperti Forbes atau MoneyNation menyebut bahwa Robert Downey Jr. telah menghasilkan sekitar 125 juta dolar dari film-film Marvel-nya dan masih ada yang akan dirilis di tahun 2019. Sejauh ini, bayaran tertinggi yang pernah dia terima untuk satu film adalah 35 juta dolar AS.

Film-film Hollywood di Amerika umumnya membutuhkan waktu pembuatan yang lebih lama dan lebih mahal. Masa produksi bisa menghabiskan waktu sekitar 18 bulan hingga 2 tahun sampai masa pasca produksi. Karena itulah seorang bintang Amerika mana pun biasanya sulit bermain di lebih dari satu film setiap tahun atau bahkan dua tahun. Artinya jika mereka menghasilkan 35 juta dolar AS untuk satu film, nilai itu adalah penghasilan mereka selama sekitar dua tahun.

Film-film Bollywood dibuat sangat cepat dan karena itulah para bintang Bollywood bisa bermain di banyak film setiap tahun. Di tahun 2017, Shah Rukh Khan menghasilkan 38 juta dolar AS sebagai aktor/entertainer. Ini tidak termasuk pendapatan yang diperolehnya dari rumah produksi Red Chillies Entertainment atau tim kriketnya, yang biasanya tidak menghasilkan banyak uang baginya. Bisnis tim kriket itu biasanya impas atau hanya mendapat sedikit laba karena dia melakukannya semata-mata karena cinta olahraga.

Beberapa poin menarik

SRK

Shah Rukh Khan berada di bawah Rajesh Khanna soal film hit back-to-back. Dia saat ini memiliki 10 film hit secara berturut-turut, sementara rekor Rajesh adalah 15 film hit berturut-turut.

SRK juga memiliki banyak rekor box office, mulai dari film terlaris di India, film terlaris di seluruh dunia, film terlaris di hari pembukaan/akhir pekan/sepekan, dan rekor-rekor lainnya.

Di setiap pasar luar negeri, Shah Rukh Khan sejauh ini masih menyandang status sebagai superstar terbesar. Beberapa film lamanya seperti Kabhi Alvida Na Kehna masih masuk di 10 besar.

Tidak ada satu pun film SRK yang dinyatakan sebagai box office disaster alias gagal total di box office.

Shah Rukh Khan menimba ilmu administrasi bisnis di perguruan tinggi dan merupakan salah satu aktor paling cerdas di dunia. Dia juga seorang pengusaha sejati dalam bisnis dan investasi. Karena hal itulah dia mampu mengumpulkan kekayaan besar dengan bakatnya yang menjadikannya aktor terkaya kedua di seluruh dunia.

Komentar Anda